Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Komplotan yang beranggotakan 4 pelaku ini dibongkar setelah 3 tahun melakukan penipuan dengan akun mister crab di aplikasi Tokopedia. Foto Yusmana Windarto
Polda Jatim Bongkar Komplotan Akun Jual Beli Fiktif di Tokopedia
Jum'at, 19-07-2019 | 10:34 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Akibat memanipulasi keuntungan cashback dari jual beli di aplikasi toko online, komplotan penipu akhirnya dibekuk oleh Ditreskrimsus Polda Jatim.

Pelaku ini selama tiga tahun melakukan manipulasi cashback transaksi jual beli di aplikasi Tokopedia. Hingga akhirnya komplotan penipu online dibongkar oleh Ditreskrimsus Polda Jatim. Komplotan beranggotakan empat pelaku ini menggunakan akun mister crab untuk penjualan voucher belanja.

Komplotan penipu online ini diantaranya, Sihabudin (23) aktor utama manipulasi, dan tiga rekannya yaitu CDP, ZNH, serta AR yang berperan sebagai aktor pembeli online.

Secara tekhnis, kasus manipulasi cashback ini sederhana. Dengan akun jual beli mister crab, tersangka Sihabudin merekayasa pembelian voucher belanja toko swalayan dengan bantuan ketiga rekannya yang berpura-pura sebagai pembeli.

Para pelaku meraub untung dari fasilitas cashback yang diberikan oleh pihak aplikator jual-beli online Tokopedia setelah transaksi produk terjadi.

Menurut AKBP Arman Asmara Syarifuddin, Wakil Direktur Reskrimsus Polda Jatim, kegiatan manipulasi ini berlangsung sejak 2017 dan terdapat 1.700 akun fiktif dengan jumlah 17 ribu transaksi. Dengan upaya ini, pihak aplikator mengalami kerugian puluhan juta rupiah. Dari penangkapan itu, polisi menyita barang bukti ratusan voucher belanja, laptop, puluhan telepon genggam, puluhan kuitansi pembelian, dan buku rekening.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat pasal 35 junto 51 undang-undang RI nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan undang-undang nomor 11 tahun 2008, tentang informasi dan transaksi elektronik, atau ITE, dan pasal 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan, dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara. (pul)

Berita Terkait


Polda Jatim Bongkar Komplotan Akun Jual Beli Fiktif di Tokopedia

Mahasiswa Baru Wajib Laporkan Akun Medsos

Pilkada 2018, Polisi Awasi Akun Medsos 24 Jam

Cemarkan Nama Baik Di Facebook, Pemilik Akun Minta Maaf


Sangat Sadis, Mayat Perempuan Dibakar di Kebun Jagung, Siapa Pelakunya?

Sebanyak 17 Driver Terkena Penonaktifan Akun, Ratusan Massa Datangi Kantor Gojek

Janda Muda Djambret dan Ditusuk Menggunakan Kater, Inilah Pelakunya

Satreskrim Polsek Mojoroto Sita Narkoba Berkikut Pelakunya

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber