Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

Pameran Barang Bersejarah Menarik Perhatian Warga Nganjuk
Kamis, 18-07-2019 | 22:06 wib
Oleh : Achmad Syarwani
Nganjuk pojokpitu.com, Guna mengingatkan kembali kepada generasi muda akan pentingnya sejarah perjuangan dan berdirinya sebuah kota atau kabupaten, Pemerintah Nganjuk menggelar pameran benda benda museum. Pameran diikuti sejumlah kota di jawa timur, dengan menampilkan benda bersejarah di daerahnya.

Pameran benda museom digelar Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Nganjuk, dibuka Wakil Bupati Nganjuk Marhen Djumadi. Pameran bertempat di museom Anjuk Ladang ini menampilkan benda benda bersejarah dari berbagai kota di Jawa Timur.

Salah satu stand yang banyak dikunjungi adalah stand museum Pandergoen. Yaitu stand yang memamerkan koleksi foto dan barang-barang peninggalan seorang tokoh pejuang polisi intelijen asal  Nganjuk. Di antaranya berupa foto Pandergoen semasa pertama kali menjadi polisi belandan tahun 1929 lalu, foto beslit, foto keluarga, foto pandergoen semasa tua bersama istrinya.

Selain foto, stand museum Pandergoen juga memamerkan barang-barang peninggalan Pandergoen. Seperti tongkat, bokor kuningan, blangkon, kinangan, lentera, dan lain-lain.

Pandergoen adalah seorang pejuang polisi Indonesia Keturunan Belanda asal Desa Baleturi, Kecamatan Prambon Nganjuk. Pandergoen adalah spesial mata-mata yang mahir mengukur kekuatan dan pergerakan tentara Belanda.

Selain memamerkan benda asal anjuk ladang, pameran juga menampil sejumlah benda benda sejarah dari berbagai kota atau kabupaten di Jawa Timur. Diantaranya dari Kediri, madiun dan kabupaten lainnya.

Menurut Marhen Djumadi, Wakil Bupati Nganjuk, pemaran benda museum tempo dulu sangatlah penting. Sebab untuk mengingatkan kembali pada warga dan kaum muda millenial akan pentingnya sejarah.

Sehingga dengan pameran benda benda sejarah ini, generasi bisa mengetahui sejarah perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. (pul)

Berita Terkait


Paduan Karya Seni Rupa dan Sastra Dalam Pameran

Sebanyak 55 Mahasiswa Poltekad Unjuk Hasil Karya Alutsista Cangih

Puluhan Perupa Pamerkan Karya Lukis

Disbudpar Bojonegoro Gelar Pameran dan Kontes Bonsai Tingkat Nasional


Beauty Bash, Pameran Brand Kosmetik Murah di Centro

Refleksi Keberagaman Indonesia Dalam Pameran Minna Minkum Nusantara

Seniman dan Mahasiswa Surabaya Gelar Pameran Karya Seni Bersama

Pameran Arsitektur Rancang Konsep Siwalankerto 20 Tahun ke Depan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber