Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Musim Kemarau, Warga Mulai Kekurangan Air Bersih
Kamis, 18-07-2019 | 09:10 wib
Oleh : Andi Nurcholis
Situbondo pojokpitu.com, Sejak sebulan terakhir , sejumlah dusun di dua Kecamatan Arjasa, dan Sumber Malang Kabupaten Situbondo, mulai megalami krisis air bersih.

Akibatnya, warga harus mengantre dan bergantian untuk mendapatkan suplai air bersih. Sumber mata air mengecil dan pengeboran kurang dalam, menjadi penyebab air sberish sulit di dapat warga.

Kiris air bersih mulai melanda warga di 2 dusun Pandosa dan Belikeran, Desa Jati Sari, Kecamatan Arjasa. Sejak sebulan terakhir, sumber mata air mulai mengeceil hingga mengalami kekeringan.

Seperti sumur bor yang berada di Dusun Bendusa ini misalnya. Meski kran dibuka, namun tak mengeluarkan setetes air bersih sama sekali. Penyebab air tidak menetes lantaran kurang dalamnya pengeboran hingga mencapai sumber mata air yang mencukupi.

Tak hanya itu, kondisi sumber air mulai mengecil juga di alami warga setempat. Akibatnya, warga harus  rela mengantri secara bergiliran  untuk mendapatkan air besih. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengisi penuh antrian jirigen.

Gatot Trikorawan , Kabag Kesiapsiagaan Dan Logistik BPBD Situbondo, menejlaskan, hingga kini pihaknya mulai melakukan pengecekan  langsung ke wilayah terdampak kekeringan akibat musim kemarau .

"Kita berharap setiap kecamatan segera melayangkan surat permohonan droping air, untuk bisa memenuhi kebutuhan warganya," jelas Gatot Trikorawan.

Dari data semebtara, setidaknya sudah ada dua kecamatan sumber malang dan Kecamatan Arjasa, melayangkan bantuan droping air bersih.

Tidak serta merta droping air ke pada warga, petuags terlebih dulu akan melakukan penecekan ke lokasi terampak krisi air bersih. (yos)

Berita Terkait


Air PDAM Tak Mengalir, Warga Kirisis Air Bersih

Terdampak Krisis Air, Puluhan Siswa SMA Menumpang Mandi di Sekolah

Sumber Mengering, Warga Terpaksa Konsumsi Air Keruh

Debit Air Danau Klakah Lumajang Menyusut Tiga Meter


220 Hektar Lahan Padi Petani Gagal Panen Karena Kekeringan

Kekeringan, Yonarmed 12 Kirim Air Bersih

Bencana Tahunan Melanda Jatim, Yakni Kekeringan dan Kebakaran Hutan

Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan Siap Bantu Atasi Kekeringan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber