Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Sembilan Sekolah Dasar Negeri di Kota Mojokerto Kekurangan Siswa
Rabu, 17-07-2019 | 13:44 wib
Oleh : Aminuddin Ilham
Mojokerto pojokpitu.com, Sembilan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Mojokerto, kekurangan siswa atau tidak memenuhi kouta dari 28 murid setiap satu kelasnya atau rombongan belajar.

Dari sejumlah sekolah yang paling kekurangan siswa terdapat di SDN Mentikan 6 yang terletak dikawasan eks lokalisasi Balong Cangkring,Kecamatan Prajurit Kulon, yang hanya memperoleh sembilan siswa.

Tahun ajaran baru dan sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru di Kota Mojokerto, menjadi perhatian khusus dari Dinas Pendidikan Kota Mojokerto. Karena ditahun ini, sebanyak 9 sekolah dasar negeri tidak memenuhi kouta atau kekurangan siswa.
 
Amin Wachid, Kadispendik Kota Mojokerto, menjelaskan, dari Dinas Pendidikan Kota Mojokerto, dari sembilan sekolah dasar negeri meliputi, SDN Mentikan 6, SDN Mentikan 2, SDN Jagalan, SDN Balongsari 10, SDN Kauman 2, SDN Miji 3 dan SDN Sentanan serta SDN Kranggan 2. Eata rata kekurangan siswanya mencapai lima sampai 19 siswa.
 
Dari sembilan sekolah dasar yang kekurangan siswa terdapat di SDN Mentikan 6, di Kelurahan Balong Cangkring,Kecamatan Prajurit Kulon yang siswanya hanya sembilan murid.

Mirisnya, kurangnya siswa di SDN Mentikan 6 ini tidak disebabkan sistem zonasi, melainkan gedung sekolah yang berada di lingkungan eks lokalisasi Balong Cangrking.
 
Drs Laseno, Kepala Sdn Mentikan 6, mengatakan, kondisi kurangnya siswa di sekolahnya setiap tahunnya selalu kekurangan dan yang terparah pada tahun ini,yang jumlah siswa kelas satu hanya sembilan murid. "Hal ini disebabkan sebagian wali murid menginginkan anaknya sekolah ditempat lain," kata Laseno.
 
Sementara itu, untuk mengantisipasi kurangnya siswa pada sembilan sekolah dasar negeri di wilayah Kota Mojokerto, Dinas Pendidikan masih terus berupaya untuk membuka pendaftaran siswa baru hingga siswa luar zonasi dan daerah agar pagu siswa terpenuhi. (yos)

Berita Terkait


Siswa Ngawi Diajari Penanganan Bencana Alam

SDN di Lamongan Kota, Banyak Kekurangan Siswa

Pastikan Tidak Pungutan Tahun Ajaran Baru, Walikota-Wakil Walikota Sidak ke Sekolah

Sembilan Sekolah Dasar Negeri di Kota Mojokerto Kekurangan Siswa


Mendikbud Kerjasama Dengan TNI Didik Karakter Siswa Baru

Dampak PPDB, Pendaftar Calon Siswa Baru di Smnike kurang Dari Target Kuota

Puluhan Walimurid Protes ke Kantor Dinas Pendidikan Terkait Penerimaan Siswa Baru

Kadiknas Provinsi Jatim Melakukan Sidak Penerimaan Siswa Baru di Kabupaten Sidoarjo

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber