Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Menteri Bumn Rini Soemarno Kunjungi Lahan Kopi PTPN XII
Rabu, 17-07-2019 | 10:00 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Bondowoso pojokpitu.com, Kopi ekspor PTPN XII di Bondowoso mengalami penurunan produksi karena faktor iklim dan pupuk, Menteri BUMN Rini Soemarno, kunjungi lahan dan menekan pihak management PTP, untuk lebih memperhatikan dan menjaga tanaman kopi dengan melakukan peremajaan pohon.

Di lahan ini tumbuh tanaman kopi berkualitas dunia, dimana karena keunggulannya kopi arabika hasil produksi sudah diekspor ke sejumlah negara, diantaranya negara Amerika, Inggris, Belanda dan Jepang.

Namun pada tahun 2019, ekspor kopi mengalami penurunan sekitar 20 persen. Penyebabnya adalah karena faktor pupuk dan iklim yang tidak bersahabat di sekitar Pegunungan Ijen.

Penurunan produksi ekspor kopi unggulan tersebut langsung ditanggapi Menteri Bumn Rini Soemarno, dengan kekecewaan. Rini menekan management ptpn xii untuk lebih memperhatikan tanaman kopi yang sudah mendunia.

Menurut Menteri Rini Soemarno, peremajaan pohon kopi dianggap menjadi langkah untuk kembali meningkatkan hasil produksi.

Pasalnya kopi di wilayah PTPN XII sendiri sudah ada sekitar 4200 hektar tanaman kopi yang memerlukan peremajaan. "Akibat fenomena dan lambannya langkah yang diambil, pada tahun ini produksi kopi hanya diangka 3500 hektar," kata Rini Soemarno.

Selain lebih memperhatikan tanaman kopinya, Rini menekan management PTPN XII untuk lebih memperhatikan pekerja kopi mulai dari pekebun hingga pemilih kopi.

Sementara itu, meski mengalami penurunan ekspor kopi, kopi arabika bondowoso menjadi buruan penikmat kopi dunia. (yos)

Berita Terkait


Menteri Bumn Rini Soemarno Kunjungi Lahan Kopi PTPN XII

Inilah.. Kopi Super Khas Bondowoso


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber