Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

Struktur Bata Diduga Peninggalan Majapahit Terbengkalai
Rabu, 17-07-2019 | 05:20 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Penemuan situs purbakala disejumlah titik kawasan di Jombang sampai saat ini masih terbengkalai. Meskipun sudah pernah dilihat Balai Pelestarian Cagar Budaya dan dinas terkait, namun belum ada tindak lanjuti yang berarti. Warga berharap ada tindaklanjut dari pihak berwenang.

Situs di area persawahan Desa Sugihwaras Kecamatan Ngoro, kini terbengkalai. Area galian c yang saat ditemukan pada tahun 2016 lalu bersih dan menarik, kini tertutup rumput dan ilalang.

Lahan ini semestinya menjadi lahan pertanian seperti lahan di sekitarnya. Namun area yang cukup luas ini tidak diolah oleh pemiliknya karena terdapat situs yang  telah diteliti oleh Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur. 

Tidak jauh dari area situs yang diduga berupa bangunan permukiman zaman kerajaan majapahit di Sugihwaras, juga telah ditemukan dinding bangunan yang tertimbun tanah di Dusun Kedaton Desa Bulurejo Kecamatan Diwek, yang posisinya bersebelahan. Struktur batu bata ini ditemukan satu bulan lalu dan kini belum ada penanganan.

Rofiq pihak desa berharap, ada tindak lanjut dari dinas terkait penemuan struktur bangunan bata kuno tersebut. Warga Dusun Kedaton khawatir, area situs akan menjadi lahan yang tertutup rumput karena warga tidak berani mengolahnya. 

"Seperti daerah sebelah yang pernah diteliti dan didatangi balai pelestarian cagar budaya namun tidak ada rekomendasi apapun," kata Rofiq.

Lokasinya kedua situs di Dusun Sugihwaras Kecamatan Ngoro dan Dusun Kedaton Desa Bulurejo Kecamatan Diwek ini, memang berada dalam satu areal.  Diduga struktur bangunan bata kuno ini  merupakan satu wilayah permukiman pada zaman kerajaan majapahit.

Namun belum ada kepastian pemerintah akan dijadikan area wisata, cagar budaya atau yang lainnya. Meskipun saat ditemukan tim Balai Pelestarian Cagar Budaya bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat sudah mendatanginya. (yos)

Berita Terkait


Inspirasi Ekonomi Kreatif Kerajaan Majapahit

Struktur Bata Diduga Peninggalan Majapahit Terbengkalai

Ditemukan Tempat Pemujaan dan Lokasi Pemandian Situs Peninggalan Majapahit

Warga di Mojokerto Kembali Temukan Situs Kuno Peninggalan Majapahit


Museum Ganesya, Pamerkan Kebesaran Kerajaan Singhasari dan Majapahit

Pekerja Temukan Pemukimam Era Kerajaan Majapahit di Proyek Tol Malang-Pandaan

Depresi Jadi Korban Gendam, Sugianto Tabrakan Diri ke Kereta Majapahit

Di Tangan Ika, Mojokerto Bakal Angkat Kembali Kejayaan Majapahit

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber