Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Musim Kemarau, Produksi Susu Sapi Perah Menurun
Rabu, 17-07-2019 | 04:10 wib
Oleh : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Memasuki musim kemarau, produksi susu sapi perah di tulungagung, mengalami penurunan hingga 30 persen. Kondisi tersebut dipicu akibat asupan pakan hijau yang kurang, menurunnya produktifitas susu ini, diimbangi dengan meningkatnya kualitas susu.

Musim kemarau yang mengakibatkan kekeringan, berdampak pada menurunnya produksi susu sapi perah, di Desa Nglurup, Kecamatan Sendang, Tulungagung.

Sapi-sapi perah milik peternak di desa ini, mengalami penurunan produksi antara 20 hingga 30 persen. Jika sebelumnya satu ekor sapi bisa menghasilkan susu sebanyak 30 liter perhari, saat ini tinggal 20 liter perhari.

Menurut salah seorang peternak, Katiman, menurunnya produksi susu ini, dipicu akibat kurangnya asupan pakan hijauan. Produksi susu sapi perah, sangat dipengaruhi oleh cukup atau tidaknya pakan hijauan yang diberikan. "Sedangkan pada musim kemarau seperti ini, lahan merumput dikawasan hutan sekitar banyak yang mengering," kata Katiman.

Para peternak tidak dapat berbuat banyak, saat terjadi penurunan produksi seperti ini. Sebab apabila harus membeli rumput, maka ongkos produksi akan meningkat.

Satu ikat rumput dipasaran seharga Rp 17. 500 dan satu ekor sapi membutuhkan minimal 2 ikat rumput dalam sehari. Diluar kebutuhan rumput, biaya pakan satu ekor sapi berupa bekatul dan konsentrat, rata-rata sebesar Rp 40 ribu per hari.

Menurunnya produktifitas sapi perah di musim kemarau, diimbangi dengan meningkatnya kualitas susu yang dihasilkan. Kadar air di dalam susu jauh berkurang, jika dibanding pada saat musim penghujan.

Harga susu di tingkat peternak yang dibeli oleh koperasi setempat, saat ini sebesar Rp 5. 500 per liter. (yos)

Berita Terkait


Musim Kemarau, Produksi Susu Sapi Perah Menurun

Ketua KUD Batu: Selama Dua Tahun Sudah Naikkan Harga Susu 2 Kali


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber