Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Getaran Gempa Nusa Dua Bali Terjadi di 13 Daerah di Jatim
Selasa, 16-07-2019 | 18:00 wib
Oleh : Abdul Majid
Pasuruan pojokpitu.com, Peristiwa gempa magnitudo 6 yang terpusat di Nusa Dua Bali, berimbas ke sejumlah daerah di Jawa Timur, sedikitnya 13 daerah mersakan getaran gempa. Meski begitu hanya ada 2 daerah yang mengalami kerusakan yakni Banyuwangi dan Jember.

Hingga saat ini pihak BMKG Stasiun Geofisika Tretes, akan terus melakukan pemantauan perkemkembangan dan dan akan secepatnya memberikan informasi secepatnya pada instansi- instansi terkait.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Dua Tretes, bertempat di Jalan Sedap Malam Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan, terus melakukan pemantau potensi terjadi gempa susulan, setelah terjadi gempa magnitudo 6 di Nusa Dua Bali.

Gempa yang terjadi di laut selatan tersebut menyebabkan getaran di sejumlah daerah di Jawa Timur. Sedikitnya ada 13 daerah yang merasakan getaran akibat gempa, yakni di Kabupaten Malang, Ponorogo, Situbondo, Kabupaten Blitar, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Kediri, Kabupaten Probolinggo, Kota Malang Kota Batu, Banyuawangi, Jember dan Pamekasan.

Staff analisa BMKG Tretes, Bagus, mengatakan, dari analisa BMKG setempat, gempa yang terjadi di Nusa Dua Bali ini disebabkan oleh deformasi bantuan dengan mekanisme pergerakan kombinasi naik dan mendatar atau oblique thrust fault.

"Tak hanya itu, gempa magnitudi 6 tidak hanya terjadi sekali, namun ada 7 gempa susulan. Kita menghimbau kepada warga tak perlu khawatir karenan gempa tidak berpotensi tsunami," ujar Bagus.

Saat ini pihak BMKG Stasiun Geofisika Tretes, akan terus melakukan pemantauan perkemkembangan dan dan akan secepatnya memberikan informasi secepatnya pada instansi- instansi terkait. (yos)

Berita Terkait


Bantuan Terus Berdatangan, Jumlah Kerusakan 22 Titik di Sembilan Kecamatan

Getaran Gempa Nusa Dua Bali Terjadi di 13 Daerah di Jatim

Gempa Bali Terasa Hingga Pamekasan

Gempa Bali, Beberapa Bangunan di Jember Retak


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber