Berita Terbaru :
Peringati Hari Tani, Lapas Bojonegoro Gelar Pelatihan Budidaya Tanaman Hidroponik
Ribuan Warga di 18 Desa Menunda Menerima Bansos Pertanian
Dampak Pandemi Covid-19, Perusahaan Rokok Kurangi Jumlah Produksi
Selain di Ngawi, Warga Madiun Juga Jadi Korban Sasaran Peredaran Upal
Karbak TNI, Santri Mendapatkan Pelajaran Kedisiplinan dan Budidaya Udang Vaname
   

Kuliner Ikan Tim, Makanan Sehat Rendah Kolesterol
Icip - Icip  Senin, 15-07-2019 | 20:05 wib
Reporter : Farid Fahlevi
Kuliner itu diberi nama ikan laut tim, dengan cara dikukus atau di tim. Konon ikan laut tim ini cukup berkhasiat bebas kolesterol jahat. Foto: Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Kuliner olahan ikan laut umumnya dimasak dengan cara digoreng ataupun dibakar. Namun sebuah komunitas warga pencinta laut di Probolinggo memberi tips kuliner berbahan baku ikan laut yang ringkas dan sederhana.

Bahan masakan tim ikan laut sangat sederhana dan mudah didapat. Diantaranya jahe, bawang putih, jeruk nipis, serta bumbu lainnya seperti kecap asin dan garam. Agar lebih segar dan sehat, disiapkan juga salada sebagai pelengkap sajian nanti.

Bahan utama kali ini adalah ikan laut putihan, atau jenis ikan giant trevally yang banyak didapat di pesisir pantai utara Probolinggo. Jenis ikan ini dagingnya berserat, berkulit tipis berbentuk pipih, dan sangat nikmat disajikan dalam berbagai bentuk masakan.

Sebelum ditabur bumbu, ikan lebih dahulu dikucuri air potongan jeruk nipis agar tidak mau anyir. Disiapkan pula jahe yang dipotong dan dirajang kecil-kecil, serta irisan tipis bawang putih. Kedua bumbu itu, kemudian dicampur ke dalam seperempat mangkok kecap asin, yang telah diberi tambahan garam dan minyak ikan.

Campuran bumbu tersebut lalu ditaburkan ke atas permukaan ikan secara merata, agar bumbu dapat menyerat diseluruh bagian ikan. Setelah dibiarkan selama 10 menit, baru ikan itu dimasak cara tim atau dimasak didalam air mendidih.

Butuh waktu sekitar 30 menit agar ikan tim matang, dan siap untuk disajikan. Irisan cabe merah besar di atas ikan, serta potongan sayur salada menambah sajian ikan laut tim ini, menjadi lebih segar dan menggugah selera.

Menurut Lila juru masak sahabat laut, menyajikan kuliner ringkas dan sederhana sengaja diberikan kelompoknya, agar semakin sayang dengan laut. "Selain mudah dan sederhana tim ikan laut cukup sehat dikonsumsi karena sedikit mengandung koresterol jahat," kata Lila.

Satu ekor tim ikan giant trevally seberat 2 kilo, bisa dinikmati untuk 5 orang. Agar lebih sedap meski telah beraroma pedasnya jahe, namun tim ikan laut ini cocok dimakan dengan cocolan sambal.

Selain ikan giant travelly atau putihan, bisa juga menggunakan jenis ikan laut lainnya, yang penting dagingnya berserat dan sedikit duri. Jika anda penasaran dengan rasa dan kenikmatan tim ikan laut ini, sepertinya bisa dicoba di rumah karena tak sulit untuk mencari bahan-bahannya. (pul)

Berita Terkait

Nikmatnya Kuliner Legendaris Sate dan Becek Menthok

Kuliner Khas Madura Yang Hanya Dibuat di Hari Ke-7 Setelah Lebaran

Bangun Pusat Kuliner, Pemkot Gelontorkan Rp 9 miliar

Seledri Hasil Hidroponik, Sayur Bebas Pestisida Mampu Bertahan 3 Hari
Berita Terpopuler
Karbak TNI, Santri Mendapatkan Pelajaran Kedisiplinan dan Budidaya Udang Vaname
Peristiwa  5 jam

Selain di Ngawi, Warga Madiun Juga Jadi Korban Sasaran Peredaran Upal
Peristiwa  4 jam

Ribuan Warga di 18 Desa Menunda Menerima Bansos Pertanian
Peristiwa  2 jam

Dampak Pandemi Covid-19, Perusahaan Rokok Kurangi Jumlah Produksi
Ekonomi Dan Bisnis  3 jam



Cuplikan Berita
Janji Datangkan Samurai 500 M, Korban Justru Tertipu Rp 18 M
Pojok Pitu

Diduga Akibat Puntung Rokok Dibuang Sembarangan, Savana Kawah Wurung Terbakar
Pojok Pitu

Hingga Malam Hari Bukit Bentar Terbakar, Petugas Masih Lakukan Pemadaman Manual
Jatim Awan

Kebakaran Gudang Margomulyo, Tiga Isi Gudang Ludes Dilalap Api
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber