Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

Ditemukan Tempat Pemujaan dan Lokasi Pemandian Situs Peninggalan Majapahit
Senin, 15-07-2019 | 17:33 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Pasca temuan saluran sumber air peninggalan masa majapahit di Jombang, pemerintah desa terus melakukan penggalian lanjutan. Dalam penggalian lanjutan ini, tim menemukan lokasi baru berupa tataan batu bata kuno yang diduga bekas tempat peribadatan dan pemandian. Penggalian lanjutan ini masih terus dilakukan untuk mengetahui bagian lebih besar di situs peninggalan tersebut.

Proses penggalian lanjutan situs saluran sumber air bawah peninggalan majapahit di Desa Sumberbeji Kecamatan Ngoro Jombang, ini terus dilakukan. Dengan menggunakan alat berat, penggalian dilakukan di sekitar lokasi awal yang sudah diteliti Balai Pelestatian Cagar Budaya Jawa Timur.

Penggalian lanjutan ini dilakukan oleh pemerintah desa dengan pengawasan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur. Selain menggunakan alat berat, galian juga dilakukan secara manual oleh tim dari pemerintah.

Wihandoko S Yuda, Kades Sumberbeji, mengatakan, dalam penggalian lanjutan ini ditemukan bekas lokasi diduga tempat pemujaan dan lokasi pemandian.

"Struktur bangunan berupa batu bata kuno ini ditemukan tidak jauh dari lokasi penemuan saluran sumber air yang diduga bangunan peninggalan majapahit," kata Wihandoko S Yuda.

Tataan lokasi yang diduga bekas pemandian dan tempat pemujaan ini diperkirakan masih cukup luas. Sebagian tataan bangunan yang ditemukan berupa bata kuno ini  sebagian sudah tampak dan sebagian lagi masih tertutup lumpur.

Petugas masih terus membersihkan dan menggali untuk mengungkap temuan kedua di kawasan pemandian sumber air bawah peninggalan jaman majapahit tersebut. (yos)

Berita Terkait


Inspirasi Ekonomi Kreatif Kerajaan Majapahit

Struktur Bata Diduga Peninggalan Majapahit Terbengkalai

Ditemukan Tempat Pemujaan dan Lokasi Pemandian Situs Peninggalan Majapahit

Warga di Mojokerto Kembali Temukan Situs Kuno Peninggalan Majapahit


Museum Ganesya, Pamerkan Kebesaran Kerajaan Singhasari dan Majapahit

Pekerja Temukan Pemukimam Era Kerajaan Majapahit di Proyek Tol Malang-Pandaan

Depresi Jadi Korban Gendam, Sugianto Tabrakan Diri ke Kereta Majapahit

Di Tangan Ika, Mojokerto Bakal Angkat Kembali Kejayaan Majapahit

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber