Berita Terbaru :
Rumah Dinas Gubernur Dijadikan Posko Command Center
Begini Kata Para Ahli Terkait Pengunaan Bilik Disinfektan
   

18 Negara Arab Jalin Kesepakatan Kerja Sama Infrastruktur dengan Tiongkok
Ekonomi Dan Bisnis  Senin, 15-07-2019 | 07:23 wib
Reporter :
Beijing pojokpitu.com, Kesepakatan kerjasama antara Tiongkok dengan sejumlah negara di Jazirah Arab telah ditandatangani. Kerja sama tersebut dijalin antara pihak Belt and Road Initiatives (OBOR) dengan 18 negara di Jazirah Arab.

Seperti dikutip media setempat, Minggu (14/7), Wakil Menteri Perdagangan Tiongkok Qian Keming mengatakan, upaya bersama negara-negara Arab untuk meningkatkan kerja sama OBOR telah mencapai kesepakatan.

Untuk diketahui, nilai perdagangan bilateral Tiongkok dengan sejumlah negara Arab pada 2018 mencapai angka 244,3 miliar dolar AS, atau naik 28 persen dibandingkan 2017. Beberapa perusahaan Tiongkok telah menandatangani kontrak proyek di beberapa negara Arab senilai 35,6 miliar dolar AS, atau naik 9 persen.

Investasi langsung sejumlah perusahaan Tiongkok ke negara-negara Arab, termasuk sektor energi, infrastruktur, dan manufaktur dilaporkan telah mencapai 1,2 miliar dolar AS.

"Tiongkok ingin meningkatkan hubungan strategis dengan beberapa negara Arab, agar bersama-sama membangun Beltroad," ujar Qian.

Sejumlah perusahaan dan lembaga keuangan Tiongkok telah menjalin kerja sama dengan pihak Arab untuk membangun pelabuhan, jalan kereta api, jaringan listrik, dan telekomunikasi. Kedua negara juga sedang berupaya menjalin kerja sama di bidang energi rendah karbon.
Tiongkok dan negara-negara Arab akan menggelar pameran dagang di Kota Yinchuan, Daerah Otonomi Ningxia, pada 5-8 September 2019.

Seperti dilansir Peoples Daily, pameran yang sudah digelar keempat kalinya itu bakal menampilkan platform perdagangan berbasis elektronik, infrastruktur, perdagangan, dan investasi yang dapat memberikan keuntungan bersama antara Tiongkok dan negara-negara Arab.

Ningxia yang berada di wilayah barat daya Tiongkok, merupakan daerah otonomi yang banyak dihuni etnis Muslim Hui. (HES/rmol/jpnn/end)

Berita Terkait

Kasus Gagal Jantung Tinggi, Kampus Hungaria Kerjasama dengan FK Unair

Ketua Menteri Melaka Malaysia Berkunjung ke Gedung Grahadi

Pemprov Jatim Jalin Kerjasama Dengan Australia di Bidang Pendidikan dan Transportasi

Disepakati, Kerjasama Inggris dan Pemprov Jawa Timur untuk Pengolahan Limbah dan Pendidikan
Berita Terpopuler
Begini Kata Para Ahli Terkait Pengunaan Bilik Disinfektan
Life Style  2 jam

Rumah Dinas Gubernur Dijadikan Posko Command Center
Covid-19  1 jam



Cuplikan Berita
Jalan Darmo dan Tunjungan Surabaya Ditutup 2 Minggu
Pojok Pitu

Berburu Manisnya Buah Srikaya Puthuk Tuban
Pojok Pitu

Relawan Serahkan APD di RSUD Kanjuruhan Kepanjen
Jatim Awan

Kabupaten Nganjuk Menjadi Salah Satu Daerah Zona Merah di Jatim
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber