Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Daun Pandan Disulap Jadi Berbagai Jenis Kerajinan Unik
Sabtu, 13-07-2019 | 21:02 wib
Oleh : Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Selain melaksanakan pembangunan sasaran fisik , program TNI Manunggal Membangun Desa, (TMMD) ke- 105 tahun 2019 Kabupaten Bojonegoro, juga diisi dengan berbagai kegiatan sasaran non fisik. Seperti memberikan pelatihan industri bagi usaha masyarakat, dengan menyulap daun pandan menjadi berbagai jenis kerajinan.

Berperan sebagai team support TMMD Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Bojonegoro memberikan pelatihan kepada 30 orang ibu-ibu dari Tondomulo di balai desa setempat. Turut mendapingi Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro Kapten Inf Musriyono, Babinsa Tondomulo Serda Andi Suprayoko.

Dalam kesempatan tersebut, Kasi Industri Hasil Hutan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Bojonegoro Suliana mendatangkan 5 orang instruktur pelatihan. Memberikan pendampingan dan pelatihan kerajinan industri anyaman pandan selama 3 hari .

Hasil industri kerajinan tangan dari Desa Tondomulo adalah anyaman dari daun pandan , dan untuk bahan bakunya banyak ditemukan di wilayah Desa Tondomulo. "Kami memberikan pelatihan agar hasil kerajinannya bervariasi, seperti tas, dompet, sarung HP, dan lainnya," kata Suliana.

Sedangkan untuk pemasaran dan distribusi bisa gunakan sistem penjualan secara online juga. Menurut Suliana, antusias ibu-ibu dari seluruh RT Desa Tondomulo ini sudah menjadi modal berguna. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya. (pul)

Berita Terkait


Daun Pandan Disulap Jadi Berbagai Jenis Kerajinan Unik


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber