Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Menyulap Ban Bekas Jadi Tempat Sampah Warna Warni
Kamis, 11-07-2019 | 17:44 wib
Oleh : Amar Bahri
Surabaya pojokpitu.com, Kampung Bongkaran Cantikan Surabaya sejak dulu terkenal sebagai kampung kreasi bak sampah dari ban bekas roda truk. Tidak hanya terkenal di Jawa Timur, namun bak sampah ini juga dikirim hingga Kalimantan.

Kelurahan Bongkaran, Kecamatan Pebean Cantikan tepatnya di sepanjang Jalan Karet ini selalu menjadi jujukan pencari hasil kerajinan dari limbah roda mobil. Roda mobil biasanya disulap menjadi beberapa benda seperti tempat sampah, kursi, pangkon mobil hingga pot bunga.

Ban yang masih utuh dibelah menjadi beberapa bagian menggunakan alat sederhana seperti pisau seset, celurit atau cutter. Biasanya satu ban besar bisa dibelah menjadi enam bagian.

Ban yang sudah dibelah kemudian dipaku dan dibentuk sesuai keinginan. Ban yang sudah jadi kemudian dicat warna warni sesuai dengan permintaan customer.

Dalam sehari biasanya satu orang bisa memproduksi hingga 20 bak sampah dan produksi akan ditambah menyesuaikan dengan permintaan pasar.

Umar Faruk, salah satu pemilik usaha ban bekas mengaku dalam sebulan dia bisa meraup keuntungan hingga delapan juta rupiah.

Usaha ban bekas yang sudah ada sejak tahun 1950 ini tidak hanya dikirim ke wilayah Jawa Timur saja, namun juga keluar pulau seperti Kalimantan, Banjarmasin, Palembang hingga Kendari. Produk kerajinan dari kampung ini bisa awet sampai bertahun-tahun.(end)

Berita Terkait


Menyulap Ban Bekas Jadi Tempat Sampah Warna Warni

Kreatif, Lukis Ban Bekas Jadi Hiasan Sepanjang Jalan

Ditangan Pemuda Ini, Limbah Ban Mobil Bekas Jadi Bak Sampah

Berebut Koran Bekas Usai Sholat Ied


Ban Bekas Tak Bertuan Terbakar Hebat

Kreatif, Ban Bekas Bisa Menjadi Sofa Bakpao Unik

Tumpukan Ban Bekas Terbakar, Warga Panik

Niat Bakar Ban Bekas, Justru Toko Ludes Dilalap Api

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber