Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Harga Cabai Lokal Naik, Pedagang Sedia Cabai Import
Kamis, 11-07-2019 | 15:45 wib
Oleh : Ega Patria
Madiun pojokpitu.com, Harga cabai di Kota Madiun terus merangkak naik. Di Pasar Besar Madiun (PBM), harga cabai menembus angka Rp 55.000 sampai Rp 60.000 per kilogram. Sejumlah pedagang pun memilih mendatangkan cabai impor dari India sebagai alternatif pilihan.

Tingginya harga cabai di pasaran memberikan dampak yang cukup signifikan terutama bagi pengusaha makanan dan minuman. Di samping itu, juga berdampak pada masyarakat. Jika harga cabai kelewat mahal, ongkos yang dikeluarkan untuk membeli pun lebih besar.
Dari sisi pedagang, dampak yang dirasakan, yakni menurunnya daya beli konsumen.

Seorang pedagang di PBM, Suyati mengatakan, kenaikan harga cabai terjadi sejak sepekan terakhir. Karena itu dirinya mendatangkan cabai India yang harga jualnya lebih murah dibanding cabai lokal.

Di pasaran cabai impor dijual Rp 45.000 sampai Rp 50.000 per kilogram. Menurut Suyati, satu kilogram cabai impor sama halnya dengan lima kilogram cabai lokal.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun, Gaguk Hariyono membenarkan harga cabai kembali merangkak naik. Kenaikan disebabkan sejumlah faktor, satu diantaranya banyak tanaman cabai yang mati karena musim kemarau. "Terlebih, cabai yang dijual di pasaran, dipasok dari daerah lain seperti Magetan, Pare Kabupaten Kediri dan Surabaya," tutur Gaguk.

Gaguk tidak menampik, mahalnya harga cabai membuat pedagang melakukan impor.(end)

Berita Terkait


Harga Cabai Lokal Naik, Pedagang Sedia Cabai Import


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber