Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Rugikan Negara Rp 29 Miliar, GM Petrogas Jatim Divonis 5 Tahun Penjara
Selasa, 09-07-2019 | 18:16 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Berita Video : Rugikan Negara Rp 29 Miliar, GM Petrogas Jatim Divonis 5 Tahun Penjara
Surabaya pojokpitu.com, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Surabaya menjatuhkan vonis 5 tahun penjara kepada Wahyu Pujo Saptono, General Manager PT Petrogas Jatim, perusahaan BUMD Pemprov Jatim. Hakim menilai terdakwa terbukti melakukan tindak pidana korupsi modal usaha untuk kegiatan suplai batubara senilai Rp 40 miliar, yang mengakibatkan kerugian negara Rp 29 miliar.

Dalam amar putusannya, majelis hakim yang diketuai Hizbullah ini menyatakan terdakwa Wahyu Pujo Saptono bersalah dalam tindak pidana korupsi modal usaha untuk kegiatan suplai batubara senilai Rp 40 miliar. Perbuatan terdakwa melanggar pasal 3 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi.

Setelah mempertimbangkan hal memberatkan dan meringankan, hakim akhirnya menjatuhkan vonis 5 tahun penjara dan denda Rp 500 juta kepada terdakwa yang menjabat General Manager Finance and Administration PT Petrogas Jatim Utama ini.

Vonis hakim ini lebih ringan dari tuntutan jaksa yang menuntut 6 tahun penjara. Atas vonis ini, jaksa dari Kejari Surabaya dan terdakwa sama-sama menyatakan pikir-pikir.

Sekedar diketahui, kasus korupsi ini terjadi saat terdakwa Wahyu Pujo Saptoni menjabat sebagai pimpinan trading batubara PT Petrogas Jatim Utama menjalin kerjasama dengan PT Gate Hope Indonesia. Namun dalam perjalannya, proyek senilai Rp 40 miliar ini mengakibatkan kerugian negara. Dari hasil audit BPK, proyek ini telah merugikan negara sebesar Rp 29 miliar.(end)

Berita Terkait


Rugikan Negara Rp 29 Miliar, GM Petrogas Jatim Divonis 5 Tahun Penjara


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber