Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Perbaikan lokomotif terkendala dengan pengadaan spare part yang langka dan kosong. Sehingga dikhawatirkan target penyelesaian perbaikan tertunda. Foto : Feli
Perbaikan Lokomotif Terkendala Spare Part Impor Dan Langka
Selasa, 16-06-2015 | 13:46 wib
Oleh : Felli Kosasi
Jember pojokpitu.com, Menjelang masa angkutan lebaran 2015, bagian sarana prasana PT Kereta Api daerah operasi sembilan, Jember tengah sibuk memperbaiki sejumlah lokomotif yang rusak.

Sekitar tiga lokomotif  kereta api dimasukkan ke Depo Induk, untuk dilakukan perbaikan. Perbaikan dilakukan pada sejumlah bagian yang mengalami kerusakan, seperti aki, mesin dan juga roda loko. Perbaikan ditargetkan selesai 10 hari sebelum lebaran 2015.
 
Namun perbaikan terkendala dengan pengadaan spare part yang langka dan kosong. Sehingga dikhawatirkan target penyelesaian perbaikan tertunda.
 
Pihak PT KAI Daops 9 telah mengajukan pengadaan spare part ke kantor pusat sarana prasarana PT KAI Jogjakarta. Namun, hingga kini belum ada kiriman. Lambatnya pengadaan dikarenakan kebanyakan spare part kereta api harus di import. Sehingga membutuhkan waktu untuk proses pemesanan.
 
Para mekanik berharap bagian sarana prasarana PT KAI pusat mempercepat pengadaan spare part di daerah, agar operasional kereta api saat lebaran berjalan normal.  
 
Menurut Kahumas PT  KAI Daops 9, Eko Sri Mulyanto, PT KAI Daops 9 menyediakan 8 lokomotif dan 3 lokomotif cadangan untuk 16 jadwal perjalanan kereta api dengan rute Banyuwangi, Purwokerto, dan Jogjakarta. 

"Selain itu, sejumlah tambahan gerbong juga telah disiapkan untuk angkutan lebaran 2015 mendatang. Satu kereta api, yang biasanya terdiri dari 7 gerbong, akan ditambah dua gerbong, menjadi  9 gerbong," kata Eko.
 
PT KAI Daops 9 juga menyediakan 6 ribu tiket kereta api perharinya, selama masa angkutan lebaran. Khusus rute jarak jauh telah terjual habis, untuk periode arus mudik dan balik. (pul)



Berita Terkait


Karyawati Pabrik Pengolahan Kayu Tewas Ditabrak Kereta Api

Minibus Dihantam Kereta Api, Sopir Menjerit Terjepit

Tiket Kereta Masa Angkutan Lebaran Baru Terjual Sekitar 35 Persen

KRL Tujuan Bogor Anjlok, Penyebabnya Masih Misteri


Penumpang Kereta Api Nikmati Kopi Gratis

Wanita Muda Tewas Loncat Dari Kereta Api, Diduga Bunuh Diri

Masa Libur Nyepi, Tiket Kereta Api Ludes Terjual

Naik Kereta Api

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber