Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

PWNU Jatim Akan Lakukan Rukyatul Hilal di 11 Tempat di Jatim
Selasa, 16-06-2015 | 13:34 wib
Oleh : Dewi Imroatin
Surabaya pojokpitu.com, Untuk menetapkan hari pertama pelaksanaan bulan puasa Ramadan, PWNU Jatim akan menggelar rukyatul hilal di 11 tempat di Jatim. Namun begitu, dari hasil hitungan sementara kemungkinan awal puasa jatuh pada hari Kamis tanggal 18 Juni.

Soleh Hayat, wakil ketua PWNU Jatim menyampaikan, NU memiliki hitungan hisab dalam menentukan awal puasa. Hitungan tersebut sudah dilakukan beberapa kyai yang paham ilmu astronomi sejak 4 bulan lalu. Yang dijadikan patokan beberapa kitab serta beberapa rumus penghitungan, baru kemudian dibuat kesimpulan.

"Dari penghitungan itu sudah diperkirakan awal Syawal akan jatuh di hari Kamis tanggal 18 bersamaan dengan penetapan hari pertama pelaksanaan puasa oleh Muhamadiyah. Hitungan ini sudah diperkirakan hari raya akan jatuh di hari yang sama dengan yang ditetapkan Muhamadiyah, kemungkinan 17 Juli," jelasnya.

Kyai yang juga koordinator tim rukyatul hilal ini menambahkan, walaupun sudah ada perkiraan penetapan awal puasa, tapi tetap jam 5 sore nanti akan dimulai rukyatul hilal untuk mengetahui posisi hilal. 

Rukyatul hilal akan dilakukan di 2 tempat di Madura yakni pantai Ambet Pamekasan dan pantai gebang Bangkalan, di Kenjeran Surabaya, bukit Condro Gresik, Tanjung Kodok Lamongan, pantai Jenu Tuban, Ngeliyep Malang Selatan, pulau Gili Ketapang Purbalingga, Pantai Pasir Putih Situbondo, Pantai Serau Kabupaten Pacitan, Pantai Pelengkung Jember.

Soleh hayat menambahkan, hasil rukyatul hilal akan dilaporkan ke PBNU dan sidang Isbat di Jakarta untuk menetapkan awal pelaksanaan puasa Ramadan.(ern)

Berita Terkait


Bupati Fadeli Tutup Kemeriahan Kampung Ramadhan

Duo Virgin dan GamelAwan akan Tutup Kampung Ramadhan Lamongan Nanti Malam

Malam Ini Ada Ratna Antika dan Jihan Audy di Penutupan Kampung Ramadhan Sidoarjo

Penghujung Ramadhan Musik Patrol Kian Meriah


Penghujung Ramadhan Musik Patrol Kian Meriah

Festival Patrol Ramaikan Hari-Hari Terakhir Ramadhan

Pererat Kerukunan Dengan Beri Santunan Anak Yatim dan Ramadhan Lintas Agama

Rena KDI akan menghibur Kampung Ramadhan Lamongan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber