Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Hentri Purwidajati, Kepala SMP PGRI 5 Surabaya.
PPDB SMPN Selesai, SMP Swasta Masih Kekurangan Murid
Jum'at, 05-07-2019 | 18:29 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Hampir sepekan belakangan, sejumlah sekolah swasta yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP swasta bingung, karena jumlah murid yang mendaftar sepi. Bahkan ada SMP swasta yang hingga saat ini masih menerima dua siswa baru.

PPDB sistem zonasi di SMP negeri telah usai pada 24 Juni lalu. Siswa yang tidak diterima di negeri, biasanya akan lari ke SMP swasta. Namun pola lama yang dihafal oleh para guru swasta ternyata meleset.

"Terpantau di SMP PGRI 5 Surabaya, sejak pendaftaran dibuka pada 9 Juni hingga saat ini hanya ada dua siswa baru yang mendaftar. Jumlah ini menurun dibanding tahun lalu, yang menerima 13 siswa," tutur Hentri Purwidajati, Kepala SMP PGRI 5 Surabaya.

Hal senada diungkapkan SMP PGRI 17 Surabaya. Pihaknya hingga saat ini hanya mendapatkan 6 murid, namun 2 murid mitra warga mencabut berkas dan pindah ke SMPN 55 serta SMPN 21 Surabaya.

Hal ini serupa dengan data dari MKKS SMP swasta yang menyebut sebanyak 523 siswa mengundurkan diri dari 56 SMP swasta, sejak 26 Juni lalu. Mereka mencabut berkas untuk daftar ulang ke SMP negeri padahal proses PPDB online jenjang SMP telah ditutup.

Ketua Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Menengah PGRI Jatim, Sugijanto Tjokro menyebut, Dinas Pendidikan telah melanggar kesepakatan yang telah ditetapkan. Sehingga merugikan sekolah swasta.

Berdasarkan data dari MKKS Surabaya, rata - rata SMP swasta masih terisi sekitar 30 persen atau total sebanyak 16 ribu dari jumlah pagu yang disediakan sebanyak 23 ribu.(end)


Berita Terkait


DPRD Kota Surabaya Imbau Dindik Perhatikan Pagu PPDB

Penjelasan Terbaru Menteri Nadiem Makarim Seputar Sistem Zonasi PPDB 2020

Dindik Surabaya Petakan Sebaran Siswa Untuk PPDB Zonasi

Sudah Dua Tahun SDN Patihan Tidak Dapat Murid


Awas..Sekolah Tak Boleh Ambil Keuntungan Penjualan Seragam Saat PPDB

Kepsek Berdalih Sumbangan Saat PPDB Tak Langgar Permendikbud

PPDB SMPN Selesai, SMP Swasta Masih Kekurangan Murid

SMP Swasta Keluhkan SMP Negeri Masih Terima Murid di Luar Masa PPDB
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber