Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Sengketa Hasil Pileg, Penetapan Caleg Tulungagung Terpilih Tunggu Putusan MK
Jum'at, 05-07-2019 | 06:15 wib
Oleh : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Penetapan calon anggota DPRD Tulungagung terpilih, hasil pemilu 2019 dipastikan mundur dari jadwal sebelumnya. Penetapan menunggu hasil putusan sidang Mahkamah Konstitusi (MK), setelah muncul gugatan hasil pileg, oleh salah satu parpol peserta pemilu.

Menindak lanjuti surat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI nomor 984, KPU Tulungagung kembali membuka kotak suara. Pembukaan kotak suara dilakukan untuk mengambil dokumen, yang akan digunakan untuk penyusunan alat bukti, penyelesaian perkara hasil pemilu, calon anggota DPRD Tulungagung di Mahkamah Konstitusi.

Untuk melengkapi alat bukti tersebut, dengan disaksikan sejumlah saksi, dari Bawaslu, kepolisian, dan saksi dari partai politik, pihak KPU Tulungagung membuka puluhan kotak suara yang berisi hasil rekapitulasi, di tingkat TPS hingga kecamatan. Dokumen yang diambil antara lain, formulir C 1, DAA 1 dan DA 1, serta sertifikat C 1 KPU.

Mustofa, Ketua KPU Tulungagung, menjelaskan, total terdapat 24 tps yang diambil dokumen hasil rekapitulasinya. TPS-TPS tersebut tersebar di empat desa di Kecamatan Kedungwaru dan satu kelurahan di Kecamatan Tulungagung.

"Selanjutnya dokumen-dokumen tersebut akan di kirim ke KPU RI, sebagai alat bukti sidang perkara hasil pemilu legislatif di mahkamah konstitusi, yang diajukan oleh Partai Nasdem. Sidang di MK tersebut, dijadwalkan mulai 9 Juli mendatang," ujar Mustofa.

Dengan adanya gugatan di Mahkamah Konstitusi tersebut, dipastikan jadwal penetapan anggota dprd Kabupaten Tulungagung periode 2019-2024 mundur. Penetapan dilakukan menunggu hasil putusan sidang MK. (yos)

Berita Terkait


Sengketa Hasil Pileg, Penetapan Caleg Tulungagung Terpilih Tunggu Putusan MK

Melanggar Aturan Kampanye, Bawaslu Biltar Sidangkan Caleg DPR RI


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber