Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Diduga Korupsi Rp 3,8 Milyar, Mantan Ketua PSSI Pasuruan Diringkus Polda Jatim
Kamis, 04-07-2019 | 17:02 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Berita Video : Diduga Korupsi Rp 3,8 Milyar, Mantan Ketua PSSI Pasuruan Diringkus Polda Jatim
Surabaya pojokpitu.com, Mantan Ketua Asosiasi PSSI Kota Pasuruan diringkus petugas Subdit III Tipidkor Ditreskrimsus Polda Jawa Timur lantaran diduga melakukan korupsi senilai Rp 3,8 milyar atas dana hibah kegiatan yang diberikan PSSI Pasuruan dari KONI Kota Pasuruan. Dari hasil audit BPKB jatim, kasus korupsi tersebut telah berlangsung sepanjang tahun 2013 hingga 2015.

Edi Hari Respati, mantan Ketua Asosiasi PSSI Kota Pasuruan terpaksa harus diringkus petugas Subdit III Tipidkor Ditreskrimsus Polda Jawa Timur karena telah melakukan tindak pidana korupsi atas dana hibah kegiatan KONI Kota Pasuruan untuk PSSI Kota Pasuruan. Tindak pidana korupsi tersebut diketahui telah dilakukan secara berturut-turut sejak tahun 2013 hingga 2015.

Tindak pidana korupsi ini terbongkar, setelah polisi melakukan penyidikan dan berkoordinasi dengan BPKP Jatim untuk melakukan audit atas dana hibah yang diberikan berasal dari APBD Kota Pasuruan. Diketahui dana hibah yang seharusnya digunakan untuk uang pembinaan pemain usia muda sepak bola di Kota Pasuruan dipangkas oleh tersangka untuk tiap-tiap pemainnya.

Selain itu, tersangka juga membuat kegiatan turnamen sepak bola fiktif. Satu diantaranya membuat turnamen fiktif Piala Soeratin dan turnamen usia muda lainnya di usia 16 tahun, yang pada dasarnya tidak pernah diadakan.

"Kerugian akibat tindak pidana korupsi tersebut, bahkan mencapai Rp 3,8 milyar. Sebelumnya, pihak Direskrimsus Polda Jawa Timur telah memeriksa 82 orang saksi atas dugaan korupsi di PSSI Kota Pasuruan pada tahun 2013 dan 2015 tersebut," kata AKBP Arman Asmara, Wadirreskrimsus Polda Jatim.

Dana hibah yang dikorupsi oleh tersangka ini merupakan dana hibah dari APBD Kota Pasuruan yang diberikan kepada asosiasi PSSI Kota Pasuruan melalui KONI Kota Pasuruan.

Akibat perbuatannya tersebut, tersangka dijerat dengan pasal tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.(end)

Berita Terkait


Diduga Korupsi Rp 3 Milyar, Kejari Tahan Kades dan Mantan Ketua BPD di Pasuruan

Diduga Korupsi Rp 3,8 Milyar, Mantan Ketua PSSI Pasuruan Diringkus Polda Jatim

Kadis PU Kota Pasuruan Divonis 5 Tahun Penjara

Walikota Pasuruan Non Aktif Dituntut 6 Tahun Penjara


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber