Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

BPCB Jatim Teliti Temuan Sumber Mata Air Bangunan Kuno
Rabu, 03-07-2019 | 07:20 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, melakukan penelitian penemuan bangunan sumber mata air jaman kuno di Jombang. Hasilnya bangunan kuno ini diperkirakan saluran air untuk pemukiman jaman Mojopahit. Petugas saat ini masih meneliti dengan penemuan situs sebelumnya, yang tidak jauh dari lokasi bangunan sumber air tersebut.

Petugas dari BPCB Jawa Timur langsung mendatangi lokasi di Dusun Sumberbeji Desa Kesamben Kecamatan Ngoro Jombang. Petugas memeriksa struktur bata dan mengukur luasan bangunan.

Termasuk melakukan penggalian di sekitar lokasi yang masih memungkinkan ada bangunan terkait. Dibantu sejumlah pekerja warga setempat, tim BPCB terus melakukan penggalian lokasi di dekat sumber air.

Wicaksono Dwi Nugoro, Arkeolog BPCB Jatim, mengatakan, hasil penelitiannya ditemukan bangunan sepanjang 14 meter dengan lebar 1,5 meter dengan ukuran lubang tengah  55 centimeter dengan kedalaman 205 centimeter atau 35 lapis bata.

"Dari konstukri ini dipastikan bangunan batu bata kuno ini adalah saluran air yang membentang dari timur ke barat untuk kawasan pemukiman di masa majapahit," kata Wijaksono Dwi Nugroho.

Apakah saluran air ini terkait dengan temuan struktur bata di kawasan Desa Bulurejo Diwek, yang berjarak tiga kilometer sebelumnya, petugas BPCB ini  masih menelitinya.

Perkiraan memang saluran air ini digunakan untuk memenuhi air untuk kawasan pemukiman. Rencananya BPCB akan terus melakukan penelitian sebelum dilaporkan ke dinas terkait untuk ditindaklanjuti. (yos)

Berita Terkait


BPCB Lakukan Eskavasi Situs Kuno Tribhuwana Tunggadewi

BPCB Jatim Teliti Temuan Sumber Mata Air Bangunan Kuno


Warga Beramai-Ramai Gali Situs Kuno Kerajaan Majapahit

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber