Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Stok Beras Aman Harga Stabil di Musim Kemarau
Selasa, 02-07-2019 | 21:10 wib
Oleh : Imam Mabrurin
Bojonegoro pojokpitu.com, Musim kemarau melanda sejumlah daerah belum berdampak pada stok pasokan maupun harga beras di pasar-pasar tradisional di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Stok beras relatif masih cukup aman, dengan harga yang relatif stabil.

Kondisi tersebut terpantau di Pasar Tradisional Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro. Musim kemarau yang sudah berlangsung sejak sebulan terakhir, belum berdampak pada pasokan maupun stok beras."Stok beras yang tersedia masih cukup berlimpah, dan justru permintaan cenderung lesu, atau mengalami penurunan," kata Sholikin  pedagang beras. 
 
Selain itu, harga beras juga terpantau masih cukup stabil. Baik beras dengan kualitas medium, maupun beras kualitas premium. Saat ini, aneka jenis beras dengan kualitas medium terendah, masih berada di kisaran Rp 8 ribu perkilogram. Sedangkan beras medium nomor satu, Rp 8.500 perkilogram.

Sementara untuk beras dengan kualitas premium terendah berada dikisaran Rp 9 ribu perkilogram, premium sedang 10 ribu perkilogram. Sedangkan premium super masih stabil dikisaran harga Rp 11 ribu perkilogramnya. Harga ini, berlaku untuk semua jenis beras, seperti IR 64, mentik, begawan, gehirang, maupun impari.

"Sampai saat ini, stok maupun harga beras masih cukup normal. Belum ada tanda kenaikan harga, meski sudah masuk musim kemarau," kata Sholikin.

Sementara untuk permintaan, justru cenderung turun. Hanya mencapai rata-rata 2 kwintal per hari, atau turun sekitar 40 persen dibanding saat normal, yang mencapai rata-rata 2,5 kwintal tiap harinya.

Menurut Sholikin, lesunya permintaan beras disebabkan masih banyak warga memiliki stok gabah, simpanan hasil panen rendeng di musim tanam sebelumnya.

Para pedagang memperkirakan harga beras stabil  ini akan bertahan hingga satu sampai dua pekan ke depan. Pergerakan harga, diprediksi baru akan terjadi saat mendekati hari raya idul adha mendatang. Hal ini, sebagaimana yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. (pul)

Berita Terkait


Stok Beras Aman Harga Stabil di Musim Kemarau

Bulog Pastikan Stok Beras Aman Hingga Lebaran

Stok Beras Aman Jawa Timur Hingga Akhir Tahun

Stok Beras di Jawa Timur Aman Hingga Satu Tahun ke Depan


Stok Beras di Jawa Timur Aman Hingga Satu Tahun ke Depan

Stok Beras di Gudang Bulog Ponorogo Aman 3 Bulan ke Depan

Musim Kemarau, Stok Beras Bulog Aman

Stok Beras Habis, Ratusan Warga Penerima BPNT Keleleran

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber