Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Gunakan Sampah Import Sebagai Bahan Bakar, Pengrajin Tahu Sidoarjo Dinilai Membahayakan Lingkungan
Senin, 01-07-2019 | 19:02 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Pengrajin tahu di Desa Tropodo Sidoarjo menggunakan cara berbeda untuk hemat ongkos produksi. Para pengrajin tahu di daerah tersebut mengggunakan sampah kertas import untuk proses pembakaran pembuatan tahu. Pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Sidoarjo menilai polusi dari pembakaran plastik membahayakan lingkungan. Untuk itu, pihaknya akan memanggil para pengrajin tahu setempat untuk dilakukan audiensi.

Di Kabupaten Sidoarjo, tepatnya di Tropodo Kecamatan Krian, dalam proses pembuatan tahu, para pengrajinnya tak menggunakan kayu sebagai bahan bakar, namun menggunakan sampah import sebagai bahan bakarnya.
 
Kondisi ini dari informasi warga masyarakat, beralihnya bahan bakar para pengrajin tahu dari kayu menjadi sampah import dikarenakan ongkos biaya yang relatif lebih murah. Bila para pengrajin masih menggunakan kayu sebagai bahan bakar, ongkos yang dikeluarkan mengeluarkan biaya hingga Rp 600 ribu. Namun apabila memggunakan sampah import sebagai bahan pembakaran, biaya bisa ditekan hingga Rp 300 ribu.
 
Menanggapi atas kondisi lingkungan yang ditimbulkan dari polusi pembakaran sampah import yang mengandung plastik didalamnya ini, Sigit Setyawan, Kadis DLHK Sidoarjo menilai hal ini membahayakan bagi lingkungan.
 
Pihak DLHK berencana akan memanggil asosiasi pengusaha tahu di Krian, untuk mencari solusi langkah apa yang harus dilakukan agar ekonomi masyarakat tetap berjalan, namun tetap tidak membahayakan lingkungan sekitar.
 
Diharapkan akan ada solusi media media bahan bakar selain sampah import yang nantinya bisa digunakan bagi para pengrajin tahu di Tropodo Krian Sidoarjo ini.(end)



Berita Terkait


Gunakan Sampah Import Sebagai Bahan Bakar, Pengrajin Tahu Sidoarjo Dinilai Membahayakan Lingkungan


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber