Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Momen Lebaran, Inflasi Jatim pada Juni 2019 Hanya 0,13 Persen
Senin, 01-07-2019 | 18:45 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Meski berbarengan dengan momen Lebaran ternyata inflasi pada bulan Juni 2019 hanya mencapai 0,14 persen, jauh di bawah nasional yang mencapai 0,55 persen. Beberapa komoditi yang ikut andil adalah harga emas perhiasan, tarif angkutan antar kota dan tarif kereta api.

"Selama bulan Juni 2019, Jawa Timur mengalami inflasi sebesar 0,13 persen, jauh di bawah inflasi nasional yang mencapai 0,55 persen. Inflasi tertinggi terjadi di Probolinggo 0,48 persen dan terendah di Kediri 0,08 persen," tutur Teguh Pramono, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur.

"Tiga komoditas utama yang mendorong terjadinya inflasi adalah harga emas perhiasan yang naik, karena tingginya permintaan konsumen. Ini karena budaya masyarakat saat hari raya, yang ingin menggunakan perhiasan," ujarnya.

"Selain itu, sektor transportasi juga andil menyumbang inflasi, khususnya tarif angkutan antar kota dan tarif kereta api. Adanya momen lebaran memicu masyarakat harus melakukan perjalanan mudik," tambah Teguh.   

Menurut besaran inflasi Jawa Timur bulan Juni ini termasuk dalam kategori yang terkendali, karena di bulan Juni lalu tidak ada kenaikan harga bahan pokok yang signifikan, padahal permintaan pasti meningkat drastis.

Sebaliknya, ada 2 wilayah yang mengalami deflasi yakni Malang 0,17 persen dan Jember 0,16 persen. Hal ini dipicu beberapa komoditas utama, yakni bawang putih yang harganya turun setelah pemerintah melakukan impor, saat harganya naik pada bulan Mei. Selain itu, daging ayam ras juga ikut mempengaruhi, karena banyaknya pasokan, mengakibatkan harganya anjlok serta telur ayam ras yang harganya juga turun.(end)



Berita Terkait


Momen Lebaran, Inflasi Jatim pada Juni 2019 Hanya 0,13 Persen


Jelang Ramadhan, Inflasi Jatim Sudah Naik

Angka Inflasi Jatim di Bulan Maret Jauh di Bawah Angka Nasional

Ramadan dan Lebaran, Inflasi Jatim Hanya 0,49 Persen

Volatile Food Jaga Inflasi Jatim Terkendali

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber