Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Olah Raga 

Klasemen Sementara MotoGP 2019 Usai Balapan Sengit di Belanda
Senin, 01-07-2019 | 14:33 wib
Oleh :
ASSEN pojokpitu.com, Marc Marquez masih memimpin klasemen sementara MotoGP 2019. Namun, buat Yamaha, hasil balapan MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (30/6) malam WIB merupakan torehan yang sangat manis. Maverick Vinales podium pertama. Penantian tim berlambang garpu tala itu berakhir, victory perdana Yamaha sejak balapan GP Australia tahun lalu.

Vinales pantas menjadi pahlawan Yamaha. Rekan setim Valentino Rossi itu berhasil unggul usai bertarung sengit dengan pembalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo dan Marc Marquez (Repsol Honda) sepanjang balapan.

Perlombaan sengit ketiga pembalap ini sendiri mulai tersaji sejak lap ketujuh. Ketiga pembalap mulai jadi pusat pertarungan sejak lap kedua saat pembalap Suzuki Alex Rins sudah tersingkir lantaran tergelincir di tikungan sembilan. Padahal Rins sempat memimpin lomba sejak lap pertama.

Sepeninggal Rins, sang rookie Quartararo mengambil posisi terdepan. Tapi saat balapan tersisa 16 lap Marquez sukses mengambil alih pimpinan lomba. Saat itu Quartararo yang menggunakan ban medium-hard tampak mulai sering mengalami sliding tanda kehabisan traksi ban.

Namun, ternyata keunggulan Marquez tidak bertahan lama. Di lap ke-11 Quartararo kembali menyalip sang juara bertahan. Dia memanfaatkan kesalahan Marquez yang sempat melebar di tikungan kedua.

"Saya memang beranikan diri memakai ban (belakang) soft untuk mengejar target podium. Jika menggunakan hard saya tidak yakin bisa mencapai target itu," ucap Marquez dilansir Crash.

Saat balapan tersisa 13 lap, Vinales yang sebelumnya ada di posisi ketiga mulai unjuk gigi. Pertama dia mengambil alih posisi Marquez. Setelah itu, di lap 15 giliran Quartararo yang dia salip untuk mengambil alih pimpinan lomba.

Vinales nyaris terus leading. Saat balapan kurang sembilan lap Marquez memang sempat mengambil alih pimpinan lantaran Vinales melebar di tikungan 1. Tapi tidak lama setelah itu Vinales kembali sukses melakukan overtaking.

Sejak saat itu pembalap Spanyol tersebut terus berada di depan sampai akhir balapan. "Saya sangat bahagia. Ini seperti hidup di alam mimpi," ucap Vinales dilansir Crash. "Terima kasih kepada seluruh anggota tim. Mereka telah melakukan pekerjaan yang luar biasa," tambahnya.

Kemenangan ini menjadi kali pertama yang diraih Vinales sejak GP Australia tahun lalu. Sama dengan kemenangan terakhir Yamaha. Di lain sisi, Rossi sudah tersingkir sejak lap keempat lantaran terjatuh. Saat dia terjatuh motor Rossi membentur pembalap LCR Honda Takaaki Nakagami.Finis sebagai runner-up sendiri sudah cukup membuat Marquez makin memperlebar jarak di klasemen pembalap. Dia kini sudah unggul 44 poin atas pesaing terdekatnya yakni pembalap Ducati Andrea Dovizioso. Marquez kini mengumpulkan 160 poin. Sementara Dovizioso yang kemarin finis keempat baru 116 poin. (irr/jp/jpnn/yan)

Berita Terkait


Tak Punya Belas Kasihan, Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2019

Klasemen Sementara MotoGP 2019 Usai Balapan Sengit di Belanda

Ini Starting Grid MotoGP Catalunya 2019 Usai Maverick Vinales Kena Penalti

Valentino Rossi Puas Start dari Posisi Keempat di MotoGP Argentina


Sungguh Malang Nasib Valentino Rossi di MotoGP Malaysia

Menang di Jepang, Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2018

Andrea Dovizioso Waspadai 5 Pembalap Ini di MotoGP 2018

Uji Coba MotoGP di Buriram yang Penuh Misteri

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber