Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Nikmatnya Ayam Bumbu Bakar Batu
Senin, 01-07-2019 | 07:30 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Bagi anda pecinta sajian kuliner nusantara, menu yang satu ini tentu saja tak asing lagi. Daging ayam bakar berbumbu rempah ini menjadi salah satu menu pilihan untuk dinikmati di hari libur.

Namun, menu satu ini tentu saja berbeda cara pengolahannya. Mengadopsi tradisi masyarakat papua, daging ayam yang dibumbui rempah ini dibakar menggunakan batu sebagai penguat cita rasa. anda penasaran? berikut liputannya.
 
Menu masakan ayam bakar berbumbu rempah ini merupakan salah satu sajian nusantara yang digemari masyarakat. Cita rasa rempah yang kuat ini, kerap menjadi menu utama dalam restio, kafe, bahkan warung rakyat.
 
Namun, di salah satu resto palimanan di kawasan Surabaya Barat, daging ayam berbumbu rempah ini dibakar di atas batu panas. Cara masak sajian di atas batu ini, diadopsi dari tradisi masyarakat Papua, dengan istilah barapen.
 
Barapen sendiri adalah cara masyarakat Papua yang menggelar perayaan pesta makan bersama keluarga, dengan cara membakar batu hingga panas membara. Selanjutnya, berbagai daging segar diletakkan di atas batu panas dan ditutup dengan daun pisang hingga matang.
 
Untuk sajian kali ini, resto palimanan ini mengolah daging ayam berbumbu rempah ini dengan cara barapen. Pertama kali, Hugo, seorang cheff mempersiapkan daging ayam segar, yang dibalut bumbu rempah seperti cabai, jeruk nipis, garam, gula, bubuk rempah-rempah, serta daun seledri.
 
"Seluruh bumbu yang dihaluskan ini dibalutkan ke daging ayam hingga rata tercamput. Selanjutnya, daging ayam berbumbu rempah ini dibungkus dengan daun pisang," kata Hugo.
 
Selanjutnya, cheff memanaskan batuan khusus yang bersih dan dimasukkan dalam periuk tanah liat kecil. Setelah batu dipanaskan, daging yang telah dibungkus daun pisang ini dimasukkan dalam periuk dan dibakar hingga matang.
 
Proses pembakaran daging ayam berbumbu ini membutuhkan waktu hingga tiga jam. cara pengolahan ayam dengan waktu yang tepat, membuat tekstur daging menjadi lebih empuk dan bumbu lebih meresap.
 
Selain daging ayam menjadi empuk, bumbu rempah-rempah dan aroma dari bakar batu ini menambah selera bagi penikmatnya. Bahkan menurut penikmat ayam berbumbu rempah bakar batu, Ika Fitri menuturkan, cita rasa semakin nikmat dan sangat cocok untuk disajikan saat hari libur bersama keluarga.
 
Anda penasaran ingin mencoba dengan menu ayam berempah dengan cara barapen? tentu saja menu ini bisa anda masak dengan cara yang sama atau menikmatinya di restoran palimanan di kawasan surabaya barat bersama keluarga. (yos)

Berita Terkait


Bagi Pecinta Seafood, Makan Keroyokan Merah Putih Jadi Lebih Asyik

Kuliner Ikan Tim, Makanan Sehat Rendah Kolesterol

Ciptakan Wisata Kuliner, Warga Buat Sate dan Lontong Terbanyak di Ponorogo

Pasar Kuliner Jajanan Ndeso Jadul


Dinilai Ingkari Komitmen, Warga Tolak Bangunan Wisata Kuliner

Kuliner Gunung Rica Mentok Bersanding Es Kolak Durian

Berkah Lebaran, Kuliner Tape Pantura Diminati Pembeli

Nasi Bakar Mamong, Kuliner Khas Bondowoso

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber