Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Para anggota marinir menanam terumbu karang di pantau Baluran Situbondo. foto: kholis
Pasukan Marinir Gelar Aksi Tanam Seribu Terumbu Karang di Pantai Baluran
Senin, 15-06-2015 | 21:14 wib
Oleh : Andi Nurcholis
Situbondo pojokpitu.com, Menjaga eksotis laut, jajaran prajurit Marinir melakukan aksi penanaman seribu bibit terumbu karang. Penanaman tersebut, di lakukan di pantai Bama Baluran Situbondo. Aksi ini, selain menjaga rehabilitasi kerusakan ekosistem bawah laut, juga mengajak masyarakat terutama nelayan, peduli terhadap lingkungan.

Prajurit Brigif I dan Yonif I Marinir melakukan aksi penanaman bibit terumbu karang di pantai Bama Baluran Situbondo. Dalam penanaman ini, sebanyak enam ratus bibit terumbu karang dari berbagai jenis telah ditanam bersamaan. Sebelumnya, juga telah ditanam sebanyak 400 bibit, jadi total di pantai Bama ini terdapat seribu bibit terumbu karang.

Aksi penanaman bibit terumbu karang ini dilakukan sekitar 2 km dari bibir pantai. Lima buah perahu karet diturunkan dan disebar di sejumlah titik, untuk dilakukan penanaman dengan kedalaman mulai lima meter hingga tujuh meter di dasar laut. Sebanyak 43 penyelam marinir melakkukan aksi penanaman bibit terumbu karang ini.

Aksi ini dilakukan sebagai upaya rehabilitasi terhadap kerusakan ekositem laut, akibat ulah oknum yang menangkap ikan dengan menggunakan bom ikan. Selain rehabilitasi, aksi penanaman seribu terumbu karang ini juga mengajak seluruh komponen masyarakat, terutama nelayan untuk menjaga pentinnya lingkungan bawah laut.

Komandan Yonif I Marinir, Letkol Edy Prayitno, aksi tanam bibit terumbu karang ini dilakukan hampir di seluruh perairan laut Indonesia. Penanaman ini dilakukan satgas marinir dan merupakan kegiatan poros marinir dunia.

Kondisi ombak yang cukup tenang dan arus bawah laut bersahabat, membuat penanama terumbu karang di dasar laut tidak menghadapi kendala. Penanaman difokuskan di titik-titik yang telah terjadi kerusakan terumbu karangnya. (tur)





Berita Terkait


Pasukan Marinir Gelar Aksi Tanam Seribu Terumbu Karang di Pantai Baluran


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber