Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Jemput Bola Bantu Melunasi PBB Dengan Sampah
Kamis, 27-06-2019 | 18:47 wib
Oleh : Rafli Firmansyah
Kota Batu pojokpitu.com, Pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) dengan sampah terus digencarkan Pemkot Batu dengan jemput bola ke 24 desa/kelurahan di Kota Batu. Kali ini, tim intensifikasi PBB yang terdiri dari Badan Keuangan Daerah (BKD) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu menggelar pembayaran PBB di Dusun Gandon Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji.

Bertempat di Balai Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji Kota Batu, tim intensifikasi PBB yang terdiri dari Badan Keuangan Daerah (BKD) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu melakukan jemput bola program pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) menggunakan sampah. Pembayaran PBB dengan sampah tersebut dimanfaatkan oleh warga desa.

Adapun beberapa jenis sampah yang ditimbang dan masuk dalam kategori pembayaran adalah sampah plastik, barang bekas, kaleng, kantong semen, dan beragam jenis sampah yang sudah masuk dalam list DLH. Sampah yang disetorkan ke bank sampah ini , akan ditampung DLH dalam bentuk tabungan.

Masyarakat yang menjadi nasabah terlebih dulu memilah dan memilih jenis sampah sebelum disetorkan ke Bank Sampah Tri Makmur.

Dengan program ini, masyarakat merasa terbantu melakukan pembayaran PBB dengan sampah. Berdasarkan data DLH Kota Batu , saat ini ada 122 bank sampah dengan anggota setiap bank sampah antara 10-30 orang.

Kasi Kesra Desa Sumbergondo, Imam Mauludi mengatakan, ada 96 kepala keluarga (KK) yang sudah memaksimalkan pembayaran pajak dengan sampah. Mereka yang telah memaksimalkan pembayaran pajak dengan sampah merupakan nasabah dari Bank Sampah Tri Makmur Dusun Tegal Sari, Desa Sumbergondo.

Dari data BKD Kota Batu untuk target PAD dari sektor PBB pada tahun 2019 ditetapkan sebesar Rp 19,5 miliar. Sementara tahun 2018 untuk PBB Pemkot Batu berhasil merealisasikan PBB sebesar Rp 20 miliar dari target Rp 18,5 miliar.(end)





Berita Terkait


Jemput Bola Bantu Melunasi PBB Dengan Sampah


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber