Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Petugas pemadam kebarakan datang untuk memadamkan api, tampak kesulitan. Foto Avrizal Ilmi
Kemarau Sebabkan Bahaya Kebakaran Hutan Bojonegoro
Rabu, 26-06-2019 | 13:39 wib
Oleh : Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Musim kemarau yang terjadi di Kabupaten Bojonegoro membuat kawasan hutan jati di RPH Dander Kabupaten Bojonegoro tebakar.

Seperti yang terjadi kawasan hutan petak 8 RPH Dander KPH Bojonegoro yang terbakar. Dugaan munculnya api akibat ulah orang yang tidak bertanggung jawab saat melintas membuang putung rokok.

Api dengan cepat membakar daun jati kering yang jatuh di bawah pepohonan jati. Selain itu lahan jagung milik warga turut terbakar .

Ditambah hembusan angin yang kencang, api terus mejalar di area hutan jati yang berusia 10 tahun terus meluas. Sedikitnya ada 5 hektar kawasan hutan jati yang terbakar.

Karena sulitnya medan untuk dijangkau mobil pemadam kebakaran. Petugas pemadam kebarakan yang hadir di lokasi hanya melakukan pembasahan dipinggir hutan, agar api tak menjalar.

Api sulit dipadamkan karena luasnya hutan yang terbakar. Petugas pemadam kebakaran mematikan api dengan menggunakan rating pohon yang basah , dengan cara manual .

Menurut Sukirno Kabid Pemadaman Kabupaten Bojonegoro, terbakarnya hutan jati di petak 8 RPH Dander Kabupaten Bojonegoro ini, diduga dari api yang digunakan warga untuk membersihkan lahan. Namun diduga belum disekat, sehingga api membesar dan menjalar. Sehingga jika dibiarkan pembakaran liar, akan menyebabkan microorganisme dan hewan yang menjaga keseimbangan ekosistem hutan akan mati.  (pul)

Berita Terkait


Kemarau Sebabkan Bahaya Kebakaran Hutan Bojonegoro

Bensin Eceran Tumpah, Toko dan Bengkel Ludes Terbakar

Bakar Sampah, Rumah Warga Nyaris Terbakar

Lupa Matikan Tungku Penggorengan, Pabrik Kerupuk Ludes Terbakar


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber