Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Aplikasikan Sensor Terbaru, Robot Mahasiswa Polije Juara Nasional
Rabu, 26-06-2019 | 01:20 wib
Oleh : Felli Kosasi
Jember pojokpitu.com, Robot karya mahasiswa Politeknik Negeri Jember berhasil juara satu tingkat nasional dalam Konter Robot Indonesia, keunggulan robot ini adalah dengan mengandalkan sensor gerak terbaru yang belum pernah dilombakan. Dalam lombanya robot ini mampu menanam padi, mencabut rumput liar dan diakhiri dengan memanen padi.

Robot Tanoker Ir_64 milik Polije ini bersaing dengan puluhan robot yang berasal dari seluruh Indoensia. Tanoker Ir_64 menjadi pemenang karena mampu menyelesaikan tahapan atau peraturan yang ditentukan oleh panitia kontes robot indonesia. Selain itu robot ini dilengkapi sensor yang terbaru yang belum pernah digunakan dalam lomba robot.

Dalam aksinya, Tanoker Ir_64 mampu menunjukkan beberapa kegiatan dengan tema pertanian diawal robot membawa bibit yang di tanam di tempat yang sudah di tentukan, setelah itu robot berjalan melewati gundukan dan melakukan pencabutan rumput liar di area persawahan. Usai mencabut rumput liar, robot lalu melaku melewati tanjakan dan sampai pada menunjukkan teknik memanen padi .

Dengan arahan operator, kecepatan serta presisi dalam melakukan kegiatan pertanian tersebut menjadi point utama Tanoker Ir_64 menjadi pemenang di kontes robot tematik indonesia, mengalahkan puluhan kontestas dari seluruh Indonesia .

Sementara itu menurut dosen pembimbing, Beni Widiawan, proyek dan konsep  pembuatan robot ini dimulai bulan november tahun lalu. Lalu mulai pengerjaan di mulai bulan februari 2019 hingga bulan Mei, dengan anggaran sebesar Rp 8 hingga Rp 10 juta.

"Dengan keuletan serta kerja keras tim, akhirnya robot Tanoker Ir_64 bisa bersaing di kontes robot indonesia. Dengan keunggulan dari sisi kecepatan serta presisi dalam melakukan kegiatan pertanian," jelas Beni Widiawan. (yos)

Berita Terkait


Aplikasikan Sensor Terbaru, Robot Mahasiswa Polije Juara Nasional

Siswa Sekolah Dasar Beradu Ketangkasan Dalam Kompetisi Robotika Nasional

Anak SD Meriahkan Lomba Robotik


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber