Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Budidaya Ikan Guppy Raup Omset Jutaan Rupiah Per Bulan
Selasa, 25-06-2019 | 16:24 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Seorang peternak ikan hias di Desa Kebakalan Kecamatan Porong Sidoarjo Jawa Timur, menghasilkan jutaan rupiah per bulan dari budidaya ikan guppy. Ikan kecil nan cantik ini jadi idola baru, karena banyaknya varian jenis dan keindahan warna di tubuhnya yang memikat banyak penghobis untuk memeliharanya.

Iwan Kurniawan (38) seorang programer yang beralih profesi menjadi peternak ikan jenis guppy. Ketertarikannya pada ikan guppy dimulai empat tahun lalu, saat browsing di internet dan dirinya menemukan ikan kecil yang memiliki warna indah dan tidak sulit dalam pembudidayaannya.
 
Bermodal uang Rp 350 ribu, dirinya mencoba membeli tiga pasang indukan guppy jenis albino full red. Tidak disangka, dari 3 pasang indukan bisa menghasilkan anakan yang sangat banyak hingga ratusan ekor. Dari sinilah dirinya lantas memutar uang hasil jualan anakan tersebut untuk memperbanyak jenis dan varian, hingga sekarang memiliki sekitar 40 jenis ikan guppy.
 
"Dalam perawatannya tidak terlalu sulit. Hanya memberi pakan tiga kali sehari dan mengganti separuh air atau sipon 1 minggu sekali. Untuk pakan yang digunakan bisa pakan hidup seperti artemia, kutu air ataupun dapmia magna ataupun dengan pelet udang ukuran mikro. Dan yang lebih diperhatikan lagi dalam memelihara ikan guppy ialah kebersihan air dan cuaca juga mempengaruhi kesehatan ikan ini," kata Iwan Kurniawan, peternak ikan hias.

Saat ini, ikan guppy banyak diminati orang karena keindahan dan warna warni ekornya. Semakin lebar ekornya maka harganya pun semakin mahal. Di antara koleksinya yang termahal adalah albino king koi red ear, yang dijual seharga Rp 2,5 juta per pasang.
 
Selain itu, dirinya juga mempunyai jenis albino full red, half blue, half white, full black, blue gras, albino full gold roundtail, albino sky glass, endler dan masih banyak lagi yang semuanya dijual antara Rp 100 ribu per pasang hingga Rp 500 ribu per pasang. Dari berjualan ikan guppy ini, dirinya setiap bulan bisa menghasilkan Rp 3 juta hingga Rp 9 juta per bulan.
 
"Transaksi penjualan ikan guppy ini dengan sistem online, tapi juga ada yang off line, pembeli datang ke rumah. Pembeli ikan guppy hampir seluruh kota yang ada di Indonesia ini, bahkan pernah mengekspor beberapa pasang ikan ke Singapura dan Vietnam," tambah Iwan.
 
Selain itu, Iwan juga aktif mengikuti kontes ikan guppy, baik skala lokal maupun nasional. Bahkan berkat ketekunannya, dirinya sempat diberi penghargaan peternak terbaik se-Indonesia saat kontes skala nasional di Jawa Tengah beberapa waktu lalu.(end)

Berita Terkait


Musim Penghujan, Harga Ikan Kering Meroket

Pasokan Berkurang, Harga Ikan Laut di Kediri Naik

Gelombang Tinggi, Harga Ikan Laut Merangkak Naik

Budidaya Ikan Cupang Beromset Jutaan Rupiah Tiap Bulan


Seharusnya Pemberi dan Penerima Jasmas yang Dijadikan Terdakwa

Siapkan Lulusan Siap Kerja, Dinas Pendidikan Jatim Gelar Lomba Kompetensi Siswa SMK

Gandeng Putra Kyai Ternama, Istri Mantan Bupati Mojokerto Deklarasikan Diri Bacalon Bupati Mojokerto

WNI di Indonesia dan di Cina Dipastikan Belum Ada Yang Terkena Virus Corona
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber