Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Muat 1.100 Ton Pupuk, KM Tirta Amerta Tenggelam
Selasa, 25-06-2019 | 10:22 wib
Oleh : Mohammad Amin
Gresik pojokpitu.com, Kapal Motor Tirta Amerta yang mengangkut 1.100 ton pupuk, dari Pelabuhan Gresik tujuan Kalimantan, tenggelam di utara Pulau Bawean. Seluruh Anak Buah Kapal berhasil diselamatkan setelah terapung selama 12 jam.

Berdasarkan dokomen di KSOP Gresik, KM Tirta Amerta memiliki gros ton 7, Benny Arsena , dengan 15 ABK. Kapal berangkat dari pelabuhan Gresik pada tanggal 22 Juni malam hari. Dengan mengangkut 1.100 ton pupuk , jenis pospat , degan tujuan Pelabuhan Kendawangan, Kalimantan.

Ternyata pada tanggal 23 Juni pukul 21.00 Wib malam, kapal tenggelam di 11 mil utara Pulau Bawean. Menurut Benny Arsena Nahkoda, kapal tenggelam bermula dari ruang mesin yang bocor. Sehingga air laut masuk ke dalam kapal. "Meskipun para ABK kapal telah berusaha menguras air yang masuk tapi sia sia, karera air laut terus memenuhi ruang bawah kapal sehingga kapal tenggelam," kata Benny Arsena.

Nahkoda kapal bersama 15 ABK langsung menyelamatkan diri dengan merangkai alat keselamatan. Hingga terkatung katung di hantam gelombang, yang saat itu ketinggiannya dua meter. Beruntung ada MV Seaspan Fraser yang melintas, sehingga para nahkoda kapal bersama 15 ABK berhasil dievakusai.

Kapal kontainer MV Seaspan Fraser hendak menuju Surabaya Tanjung Perak Surabaya.  Evakuasi dilakukan di sekitar Karang Jamuang, oleh kapal patroli KSOP Gresik, KN 365 menuju Pelabuhan Gresik.

Sementara itu Captain Kusnadi Kasi KBPP KSOP Gresik, setelah mendarat di pelabuhan, pada Selasa dini hari, para ABK yang tengelam, langsung diserahkan ke agen kapal. Kemudian istirahat, karena masih trauma. Selanjutnya pihak KSOP, juga akan memeriksa nahkoda kapal, bersama ABK lainya, untuk mengetahui penyebab tenggelamnya kapal. (pul)

Berita Terkait


Korban di Dek Kapal Santika Nusantara Berjenis Kelamin Laki-Laki

Kisah Korban Selamat Kecelakaan KM Santika Nusantara

Puspenerbal Tetap Lanjutkan Operasi KM Santika Nusantara

Tim Gabungan Basarnas Puspenerbal Temukan Bangkai Kapal KM Santika Nusantara


KNKT Periksa Korban 7 ABK Kapal Tenggelam

ABK KM Multi Prima 1 Korban Kapal Tenggelam Berharap Cepat Dipulangkan

Pencarian Korban Kapal Tenggelam Resmi Dihentikan

1 Jenazah Korban Kapal Tenggelam Kemabali Ditemukan Dalam Kondisi Hancur

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber