Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Penyebab Berkembangbiaknya Ulat Bulu Tidak Seimbangnya Ekosistem Karena Perburuan Liar
Senin, 24-06-2019 | 18:41 wib
Oleh : Abdul Majid
Pasuruan pojokpitu.com, Berkembang biaknya ulat bulu di pasuruan, menurut Dinas Pertanian Pasuruan disebabkan karena adanya perburuan liar pada predator pemakan ulat bulu.

Akibatnya, terjadi ketidak seimbangan ekosistem sehingga ulat bulu cepat berkembang biak. Pemerintah akan berupaya melakukan pengembalian ekosistem secara alami dan melarang warga untuk melakukan pemburuan liar.

Petugas dinas petanian, Rudi Hartono, mengatakan, mewabahnya ulat bulu di empat desa dari 2 kecamatan yakni Kecamatan Purwodadi dan Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan, sejak 2 bulan terakhir membuat pemerintah turun tangan.

"Setelah melakukan pembasmian dengan cara menyemprotkan obat insektisida, petugas dari dinas pertanian juga menduga berkembang biaknya ulat bulu tersebut, disebabkan karena kurangnya binatang pemangsa ulat sehingga terjadi ketidak seimbangan ekosistem," jelas Rudi Hartono.

Selain karena faktor cuaca, berkurangnya binatang pemangsa disebabkan juga karena adanya perburuan liar. Sehingga predator ulat bulu seperti burung crukcuk dan semut rangrang, nyaris punah.

Selanjutnya, pemerintah akan berupaya melakukan pengembalian keseimbangan ekosistem secara alami dan melarang warga untuk melakukan pemburuan liar.

Untuk diketahui, ribuan ulat bulu menyebar di tiga desa dikecamatan purwodadi, pasuruan. Meski tidak menyebabkan gatal-gatal, serangan ulat bulu mengakibatkan aktifitas warga terganggu. Warga berharap pemerintah setempat segera bertindak agar tidak menyebar kedesa lainnya. (yos)

Berita Terkait


Penyebab Berkembangbiaknya Ulat Bulu Tidak Seimbangnya Ekosistem Karena Perburuan Liar

Ulat Bulu Masuk Kelas, Aktifitas Belajr Mengajar Terganggu

Warga Basmi Ulat Bulu Dengan Insektisida

Ulat Bulu Serang 3 Desa di Pasuruan


Ribuan Ulat Bulu Serang Pemukiman Warga

Menu Makanan, Warga Berburu Ulat Bulu Di Lereng Hutan Taman Nasional Baluran

Serangan Ulat Bulu Meluas Ke Pemukiman Warga, Warga Mengungsi Untuk Tidur

Ulat Bulu Serang Pemukiman Warga Tuban

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber