Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Kuota Jalur Zonasi Berkurang, Jalur Prestasi Bertambah
Senin, 24-06-2019 | 16:47 wib
Oleh : Kriswanto
Madiun pojokpitu.com, Sehari sebelum pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020 untuk tingkat TK-SD dan SMP, Dinas Pendidikan Kota Madiun merubah kuota jalur zonasi dan prestasi. Hal itu menyikapi Surat Edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Terlebih, PPDB sistem zonasi untuk tingkat SMA sempat mendapatkan protes dari walimurid.

Hal itu merujuk pada Surat Edaran (SE) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) nomor 3 tahun 2019 tentang penyesuaian kuota. Dalam SE tersebut, kuota jalur prestasi ditambah menjadi 15 persen dari daya tampung sekolah. Sementara, untuk jalur zonasi yang Permendikbud No. 51 / 2018 sekolah wajib menerima paling sedikit 90 persen. Kini jumlahnya diperbarui menjadi paling sedikit 80 persen.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun, Heri Wasana, mengatakan atas SE tersebut, pihaknya telah menindaklanjuti dengan perubahan Perwali nomor 201 tahun 2019 tentang PPDB TK-SD SMP di Kota Madiun. "Perwali yang baru nantinya akan mengatur terkait perubahan kuota jalur zonasi dan prestasi. Sementara, untuk jalur perpindahan tugas orang tua atau walimurid masih tetap 5 persen," tutur Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun , Heri Wasana.

PPDB untuk tingkat TK-SD dan SMP di Kota Madiun akan dilaksanakan mulai 25 Juni hingga 28 Juni 2019. Dinas Pendidikan Kota Madiun mengklaim seluruh sekolah sudah siap dalam PPDB tahun 2019 ini. Proses pendaftaran bisa dilakukan secara online, baik dari rumah maupun langsung datang ke sekolah.(end)

Berita Terkait


SMP Pinggiran Nilai Kebijakan Zonasi Sangat Adil

Demo Tolak Zonasi PPDB di Surabaya, Ricuh

Kuota Jalur Zonasi Berkurang, Jalur Prestasi Bertambah

IPNU Madiun Anggap Penerapan PPDB Sistem Zonasi Tidak Tepat


Terkait PPDB Zonasi, Komisi 10 Kunjungi Dinas Pendidikan Jatim

Daftarkan Anak di SDN 05 Madiun Lor, Wawali Lompat Zonasi

SMP Pinggiran Nilai Kebijakan Zonasi Sangat Adil

Polemik Sistem Zonasi, DPRD Kota Blitar Panggil Dinas Pendidikan Provinsi

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber