Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Warga Basmi Ulat Bulu Dengan Insektisida
Senin, 24-06-2019 | 16:13 wib
Oleh : Abdul Majid
Pasuruan pojokpitu.com, Empat desa di 2 kecamatan yang diserang ulat bulu di Pasuruan, langsung direspon dinas pertanian setempat, warga dibantu petugas melakukan penyemprotan dengan cara dibasmi dengan obat insektisida, alhasil ulat bulu langsung mati. Meski begitu, ribuan ulat bulu yang berada diatas pohon masih belum terjangkau karena keterbatasan alat.

Warga dan petugas dinas pertanian langsung melakukan penyemprotan ke sejumlah titik ulat bulu di Desa Capang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, menggunakan obat insektisida.

Obat dari Dinas Pertanian setempat dicampur dengan air lalu dimasukkan ke galon, selanjutnya disemprotkan ke pohon yang dipenuhi ulat bulu diikat dengan kain bekas untuk menutup pergerakan ulat bulu.

Begitu disemprot ribuan ulat bulu langsung berjatuhan. Namun, banyaknya ulat bulu yang berkembang petigas harus melakukan penyemprotan terus menerus ke sejumlah titik yang menjadi sarang ulat.

Petugas PPL Purwodadi, Misbahul Khoir, mengatakan, untuk jenis ulat bulu yang menyerang di empat desa ini jenisnya lymantria marginalis, hewan ini tidak gatal walaupun berbulu, hanya menggigit, pertumbuhannya sangat cepat menyerang daun pohon kenanga yang banyak tumbuh didaerah ini. Hingga pohonnya kering mati dan langsung turun ke pemukiman warga.

Disamping itu juga disebabkan oleh perubahan cuaca dan ekosistem yang ekstrem ditambah makanan ulat bulu didaerah setempat cukup banyak, hingga pertumbuhannya cepat berkembang. (yos)

Berita Terkait


Penyebab Berkembangbiaknya Ulat Bulu Tidak Seimbangnya Ekosistem Karena Perburuan Liar

Ulat Bulu Masuk Kelas, Aktifitas Belajr Mengajar Terganggu

Warga Basmi Ulat Bulu Dengan Insektisida

Ulat Bulu Serang 3 Desa di Pasuruan


Ribuan Ulat Bulu Serang Pemukiman Warga

Menu Makanan, Warga Berburu Ulat Bulu Di Lereng Hutan Taman Nasional Baluran

Serangan Ulat Bulu Meluas Ke Pemukiman Warga, Warga Mengungsi Untuk Tidur

Ulat Bulu Serang Pemukiman Warga Tuban

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber