Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Pabrik Sepatu Ditutup, Ratusan Buruh Unjuk Rasa ke Kantor Bupati
Senin, 24-06-2019 | 16:12 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Ratusan buruh dari elemen Serikat Pekerja Nasional di Kabupaten Sidoarjo melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor pemerintahan kabupaten setempat. Mereka meminta kepada Bupati Sidoarjo agar segera memanggil pihak managemen perusahan PT Satrindo Tama Makmur yang belum memberikan pesangon, tunjangan hari raya dan gaji pada bulan April lalu.

Dengan penjaga ketat aparat gabungan Satpol PP dan Polri, ratusan buruh dari elemen Serikat Pekerja Nasional (SPN) Sidoarjo ini melakukan demo di depan kantor bupati setempat. Mereka meminta dukungan kepada Bupati Sidoarjo Saiful Ilah untuk memanggil managemen PT Satrindo Tama Makmur yang belum memberikan hak-hak para buruh mulai dari tunjangan hari raya, gaji bulan April lalu dan pesangon.
 
Tuntutan para buruh tersebut dipicu adanya perusahaan sepatu, yaitu PT Satrindo Tama Makmur Tambak Sawah, Kecamatan Waru, yang telah menutup pabrik pada 5 Mei 2019 lalu. Akibat penutupan pabrik ini, sebanyak 250 pekerja belum mendapatkan pasangon dari pihak perusahaan PT Satrindo Tama Makmur yang seharusnya menjadi hak para buruh.
 
"Pihak perusahaan PT Satrindo Tama Makmur telah mengabaikan isi surat yang dikeluarkan dari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo terkait perjanjian pengupahan terhadap para buruh yang seharusnya diberikan," tutur Sugiono, Ketua SPN Sidoarjo.

Para buruh lantas melakukan aksi unjuk rasa meminta Bupati Sidoarjo segera memanggil melalui Dinas Tenaga Kerja atas pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan PT Satrindo Tama Makmur.

Selain tak diberikan THR, gaji dan pesangon, para buruh juga belum diberikan BPJS Tenaga Kerja dari perusahaan. Para buruh menduga ada tindak pidana penipuan yang dilakukan oleh PT Satrindo Tama Makmur.(end)

Berita Terkait


Wartawan Surabaya Tuntut Polisi Bebaskan Dhandy

Aktivis Lingkungan Walhi Tolak Tambang Emas Tumpang Pitu

Ratusan Warga Desa Klitik Unjuk Rasa ke Pemkab Ngawi

Pabrik Sepatu Ditutup, Ratusan Buruh Unjuk Rasa ke Kantor Bupati


Lemkapi Soroti Tindakan Keras Polisi Kepada Pengunjuk Rasa

Lemkapi Soroti Tindakan Keras Polisi Kepada Pengunjuk Rasa

Unjuk Rasa di Depan Rumah Dinas Bupati Pamekasan Berujung Ricuh

Ratusan Buruh Unjuk Rasa Tolak Kenaikan Revisi UU Ketenagakerjaan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber