Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Aneka Kerajinan Bambu Dari Lereng Gunung Hari
Minggu, 23-06-2019 | 09:15 wib
Oleh : Achmad Arif
Lumajang pojokpitu.com, Tanaman bambu di Lereng Gunung Semeru sangat melimpah, bahkan kadang bambu ini hanya dijadikan kayu bakar saja. Namun ditangan seorang warga Desa Sumber Mujur , Kecamatan Candipuro , Lumajang ini, bambu ini menjadi aneka kerajinan yang memiliki nilai ekonomi sangat tinggi. Bahkan pasarnya pun telah tembus ke Singapura.

Bertempat di garasi rumahnya, Joko Triyono, warga Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang, membuat aneka kerajinan dari bambu, seperti gelas bambu, piring, sendok, pipet.

Ide awal membuat kerajinan bambu tersebut ketika ia yang tinggal di lereng gunung semeru melihat banyaknya tanaman bambu. Warga sekitar biasanya menjual bambu per batang seharga Rp 7 ribu bahkan tak jarang juga, bambu ini hanya jadi kayu bakar.

Pada wal tahun 2019, ia pun kemudian berfikir agar tanaman bambu memiliki nilai ekonomi yang lebih, sehingga ia membuat aneka kerajinan bambu.

Dalam satu bulan, ia yang dibantu beberapa warga sekitar membuat sekitar dua puluh ribu pipet, serta ribuan piring, sendok dan gelas dari bambu.

Harga aneka perabotan dari bambu tersebut dibanderol mulai dari Rp 3 ribu hingga Rp 15 ribu. Produk ramah lingkungan tersebut pun diminati para pembeli dipasaran.

Selain dipasarkan di sejumlah hotel dan tempat wisata di Kabupaten Lumajang, aneka perabotan dapur yang ramah lingkungan tersebut sudah dikirim ke sejumlah kota di Indonesia yakni Bandung, Bali, serta ke luar negeri yakni Singapura. (yos)

Berita Terkait


Aneka Kerajinan Bambu Dari Lereng Gunung Hari


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber