Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Kemenang Sidoarjo Bakar Puluhan Ribu Buku Surat Nikah
Sabtu, 22-06-2019 | 16:43 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Puluhan ribu pasang surat nikah atas nama Menteri Agama Surya Dharma Ali, dimusnahkan oleh petugas kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo.

Pembakaran surat nikah ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penyalagunaan dan menekan terjadinya ruang pemalsuan, atas penggunaan surat nikah yang telah di anggap kadaluarsa.

Apel pemusnahan barang milik negara berupa buku surat nikah ini dilakukan di Halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo.

Dalam pemusnahan tersebut, Kemenang Sidoarjo menghadirkan empat saksi dari instansi ormas islam dan sejumlah pegawai kemenang, sebagai upayah transparansi sesuai prosedur yang di tetapkan undang-undang.
 
Keempat saksi diantaranya dari Kemenang Sidoarjo, Pengelolah BMN, Kepala Seksi Bimas Islam dan Dewan Masjid Indonesia Cabang Sidoarjo melakukan pendatanganan berita acara.
 
Usai melakukan pendatanganan, sebanyak 94 ribu pasang buku surat nikah ini dimusnakan dengan cara di bakar oleh kepala Kementarian Agama Kabupaten Sidoarjo dan di ikuti ke empat para saksi.

94 ribu pasang buku surat nikah ini merupakan buku kadaluarsa, yang tidak bisa dipakai kembali karena masih tercantum atas nama Menteri Agama Surya Dharma Ali.
 
Achmad Rofii, Kepala Kemenang Sidoarjo, menjelaskan, puluhan ribu pasang buku surat nikah ini sebelumnya berasal dari seluruh kantor urusan agama di 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

"Buku-buku nikah kadaluarsa ini dikeluarkan pada tahun 2013,2014 hingga 2016 lalu, sehingga wajib di musnahkan karena Menteri Agama Surya Dharma Ali sudah tidak lagi menjabat sebagai menteri agama," kata Rofii.
 
Pemusnahan buku surat nikah dengan cara dikabar ini sengaja dilakukan, untuk mengantisipasi terjadinya penyalagunaan dan menekan terjadinya ruang pemalsuan atas penggunaan surat nikah. (yos)




Berita Terkait


Kemenang Sidoarjo Bakar Puluhan Ribu Buku Surat Nikah

Bapak Anak Kompak Jadi Pembuat Surat Nikah Palsu


Bapak Anak Kompak Jadi Pembuat Surat Nikah Palsu

Pemalsu Surat Nikah dan Paspor TKI Malaysia, Diringkus

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber