Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Ironis, Rapat Paripurna Lebih Separuh Anggota Dewan Tidak Hadir
Kamis, 20-06-2019 | 12:38 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Ironis, anggota dewan yang seharusnya memberi contoh panutan yang baik, justru di Kota Probolinggo Jawa Timur, lebih dari anggota dewan tidak hadir dalam sidang paripurna yang digelar pada Rabu (19/6) malam. Alasan mulai ijin tidak masuk, hingga tidak masuk tanpa alasan jelas.

Sidang paripurna di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Probolinggo, yang seharusnya dihadiri seluruh anggota dewan pada rabu malam justru nampak sepi.

Bayangkan saja, lebih dari separuh anggota dewan atau berjumlah 16 orang tidak hadir, dalam pembahasan Raperda rancangan pembangunan jangka menengah daerah dan raperda penggabungan atau perubahan organisasi perangkat daerah.

Total anggota DPRD Kota Probolinggo berjumlah 29 kursi, hadir dalam pembahasan yang dihadiri walikota probolinggo dan OPD hanya 13 anggota dewan saja.

Meski tidak quorum, namun sidang paripurna mendengarkan paparan walikota probolinggo tetap berlangsung, karena sidang ini tidak mengambil keputusan dari anggota dewan.

Yang lebih miris lagi, dua wakil ketua dewan, Mukhlas Kurniawan dari partai golkar dan Roy Amran dari partai nasdem tidak hadir dalam sidang paripurna ini.

Menurut Agus Rudianto Gofur, Ketua DPRD Kota Probolinggo, sebanyak 16 anggota dewan tidak hadir, 7 orang ijin, 9 tidak hadir tanpa alasan yang jelas.

"Kita menyerahkan sepenuhnya ke badan kehormatan soal tidak hadirnya anggota dewan yang membolos," kata Agus Rudianto.

Sementara itu, Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, tidak mau menanggapi banyak soal banyaknya anggota dewan tidak hadir dalam sidang paripurna ini.

"Pemerintah kota hanya ingin jika wakil rakyat hadir dalam sidang, pembahasan dua raperda cepat terselesaikan," ujar Habib Hadi Zainal Abidin.

Warga berharap, wakil rakyat seharusnya memberi contoh baik kepada rakyat dan benar-benar amanah mewakili asipirasi rakyat. (yos)

Berita Terkait


Ironis, Rapat Paripurna Lebih Separuh Anggota Dewan Tidak Hadir


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber