Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sosok 

Dari Hinggar Bingar, Ada Nenek Renta Berjuang Digaris Kemiskinan
Rabu, 19-06-2019 | 08:10 wib
Oleh : Iqbal Mustika, Handoko Khusumo
Banyuwangi pojokpitu.com, Potret kemiskinan di Banyuwangi ternyata kalah nyaring dengan hinggar bingar dengan pesona hingar bingar festifal. Kemiskinan itu seperti yang dialami nenek renta warga Dusun Sumberurip, Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung Banyuwangi.

Adalah Sapuah (80) warga Dusun Sumberurip RT01, RW11, Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung Banyuwangi harus berjuang hidup dengan seorang adiknya yang sama-sama renta.

Nenek Sapuah masih banting tulang untuk hidup, dan dibebani adiknya yang tinggal serumah dengan kondisi buta serta kakinya patah. Dua nenek renta itu hidup dengan serba keterbatasan. Sapuah dan Saudah nenek renta kakak beradik itu rela tidak tidur setiap malamnya, hanya ingin bermunajat diberi kesehatan.

Meskipun keduanya pernah menikah namun keduanya tidak mempunyai anak. Mereka hanya bisa pasrah dengan kehidupan yang dialami saat ini .

Dalam setiap harinya, nenek tersebut hanya beraktifitas di sekitar tempat tinggalnya. Karena Sapuah harus merawat adiknya. Jika malam hari, kedua nenek renta itu hanya ditemani televisi dan radio yang dibelikan warga sekitar untuk hiburan.

Dalam kondisinya sangat memprihatinkan ini, nenek Sapuah pernah mendapatkan bantuan bedah rumah pada tahun 2010. sejak saat itu nenek Sapuah tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah desa maupun kecamatan.

Dengan berlinang air mata, nenek sapuah berharap ada bantuan untuk dirinya, sehingga beban hidup untuk merawat adiknya semakin ringan.

Saat ini nenek Sapuah dibantu dari warga sekitar dan para pemuda yang peduli.  Ahmad Nasaibudin salah satu tetangga mengatan, selama ini warga yang selalu memberikan bantuan untuk mencukupi kehidupan sehari-hari.

Beginilah bukti potret kemiskinan warga pinggiran Banyuwangi yang jauh dari gemerlap kehidupan kota. Warga pinggiran seakan terasingkan oleh program pemerintah. (pul)

Berita Terkait


Dari Hinggar Bingar, Ada Nenek Renta Berjuang Digaris Kemiskinan

Nenek Miskin Seatap dengan Kambing, Pemda Tak Mau Tahu

Memperihatinkan, Nenek Ini Tinggal di Rumah Daun

Derita Pasutri Renta Tinggal di Gubuk Bambu


Rumah Nenek Miskin Pemakan Rumput Segera Direnovasi

Tak Punya Biaya Berobat, Nenek Miskin Lumpuh 24 Tahun

Nenek Miskin Tinggal di Kandang Sapi, Makan dari Belas Kasihan Tetangga

Nenek Miskin, Buta dan Sebatang Kara, Hidup Sengsara di Rumah Tak Layak Huni

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber