Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Dewan Desak Pembangunan Frontage Road Tuntas di 2019
Senin, 17-06-2019 | 18:41 wib
Oleh : Dewi Imroatin
Surabaya pojokpitu.com, Pembangunan frontage road sisi barat yang terletak di sepanjang Jalan Wonokromo hingga saat ini belum tuntas. Bahkan ada beberapa lahan yang ternyata masih menuai sengketa untuk pembebasan lahan. Menyikapi fakta itu, Dewan Surabaya mendesak Pemkot segera menuntaskan pembangunan proyek tersebut di 2019 ini, dan Pemkot diminta memediasi permasalahan lahan yang belum juga bisa dilakukan pembebasan.

Buchori Imron, Wakil Ketua Komisi C DPRD Surabaya menyampaikan, pembangunan proyek frontage road sisi barat hingga detik ini masih belum tuntas padahal alokasi anggaran proyek sepanjang sekitar 200 meter itu sudah dianggarkan di APBD 2018 lalu sebesar Rp 66 miliar.

"Di 2019 ini proyek tersebut harus segera tuntas agar mampu mengurai kemacetan di sepanjang Jalan Raya Wonokromo itu," ucap Buchori Imron Wakil Ketua Komisi C DPRD Surabaya.

Sementara itu Visensius Awey, anggota Komisi C DPRD Surabaya menegaskan, pembangunan proyek frontage road itu masih terkendala pembebasan lahan di sisi selatan, terdapat 14 persil milik PT KAI yang terkendala pembebasan lahan. Dari persil itu 5 merupakan rumah dinas milik PT KAI, tapi 8 persil merupakan rumah warga yang berdiri di atas lahan PT KAI dan tidak memiliki ijin, dan ini yang masih terkendala untuk pembebasan lahan.

Politisi dari Fraksi Nasdem ini menegaskan, 8 persil itu memang menjadi kewenangan PT KAI untuk pembebasan lahan, tapi faktanya hingga detik ini belum juga menemukan penyelesaian. "Untuk itu, Pemkot harus ikut andil memediasi kedua belah pihak agar ditemukan penyelesaian yang tepat, karena bagaimanapun ini menyangkut kepentingan rakyat yang harus segera dituntaskan pembangunannya," katanya.

Awey menjabarkan untuk pembebasan lahan saja anggaran yang sudah disiapkan sebesar Rp 5,4 miliar dan sebagian sudah direalisasikan mulai dari yang Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar lebih per persilnya.(end)

Berita Terkait


Menolak Dikosongkan, Warga Frontage Wonokromo Ngadu ke Komnas HAM

Pemkot Masih Tunggu PT. KAI Bebaskan Lahan Frontage Wonokromo

Dampak Proyek Frontage Wonokromo Pemukiman Warga Mundur 15 Meter

Penghuni Persil Kecewa, Dulu Orang Tua Berjuang Untuk Surabaya Kini Diusir


Motor vs Mobil di Jalan Frontage, Satu Pengedara Motor Alami Luka - Luka

Merasa Tertipu, Pembeli Apartemen The Frontage Melapor

Warga Tolak Harga Ganti Rugi Frontage Road

Antri Panjang Nyaris Macetkan Frontage, Demi Promo BBM Non Subsidi

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber