Berita Terbaru :
BBTKLPP Surabaya Prediksi Akhir Juni 2020 Menjadi Puncak Covid-19 di Jatim
BIN Bantu Pemkot Surabaya Gelar Rapid Tes Massal
Ahli Komunikasi Ini Menganggap Persoalan PCR Hanya Miskomunikasi
Rapid Test dan APD Kabaharkam Polri Digunakan di RS Bhayangkara
New Normal Akan Diterapkan Saat Tahun Ajaran Baru
Pemkot Malang Tetapkan 13 Point Untuk New Normal Life
Warga Temboro Minta Kelonggaran Akses, Sementara Pemkab Tawarkan Kampung Tangguh
Nenek Berusia 100 Tahun Sembuh Dari Covid-19
Ditengah Pandemi Covid-19, Penjualan Tanah Kavling Turun Drastis
21 Pasien Covid 19 Asal Lumajang Dinyatakan Sembuh
Data Hari Ini Pasien Covid 19 Bertambah 557 Orang
Empat Pasien Reaktif Dijemput Jalani Isolasi
Hasil Rapidtest 815 Karyawan Pabrik Rokok Madiun Non Reaktif
Bupati Kunjungi 8 Orang Yang Dikarantina Karena Mudik
Ratusan Pedagang di 3 Pasar Bojonegoro Ikut Rapid Test
   

Ini Makanan yang Harus Dihindari Bila Ingin Awet Muda
Life Style  Senin, 17-06-2019 | 05:23 wib
Reporter :
pojokpitu.com, Sebagian orang mungkin agak tersinggung bila disangka jauh lebih tua ketimbang usia aslinya, terutama wanita. Sebaliknya, sebagian orang akan merasa senang bila dia dikira jauh lebih muda ketimbang usia aslinya alias awet muda.

Nah, untuk mendapatkan penampilan yang terlihat muda, mungkin Anda hanya berpikir tentang gaya berpakaian dan gaya make up harian saja. Padahal, bila ingin terlihat awet muda, Anda juga mesti memerhatikan asupan yang dikonsumsi, yakni makanan.

Dilansir dari Readers Digest, ada 9 makanan yang sebaiknya dihindari bila ingin memiliki kulit yang awet muda. Adapun makanan yang dimaksud, antara lain:

1. Permen dan makanan tinggi gula lainnya

Permen mengandung banyak sekali gula. Sedangkan, gula adalah musuh terbesar dua protein yang bisa membuat kulit Anda senantiasa awet muda, yakni kolagen dan elastin. Hal itu dibenarkan oleh dr. Nadia Octavia dari KlikDokter. Menurutnya, gula yang terkandung dalam makanan akan membentuk advance glycation and products (AGE)  di dalam tubuh. AGE yang terakumulasi dapat merusak berbagai protein di dalam tubuh sehingga kulit akan menjadi mudah berkerut, kendur, dan kusam.

2. Daging yang dibakar dengan arang

Daging yang dibakar dengan arang biasanya akan lebih mudah hangus. Nah, daging hangus sering mengandung hidrokarbon proinflamasi. Hal itu tentunya tidak baik karena dapat menyebabkan peradangan serta dapat menghancurkan kolagen kulit.

3. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol dapat menyebabkan kerusakan fungsi organ hati. Nah, ketika organ hati tidak berfungsi dengan baik, racun yang berpotensi memengaruhi kulit akan menumpuk dan kulit mendapatkan banyak masalah, salah satunya penuaan dini.

4. Karbohidrat sederhana

Karbohidrat yang satu ini sangat mudah dicerna menjadi gula dan akan berujung pada penumpukan AGE di dalam tubuh. Cobalah mulai sekarang ganti karbohidrat sederhana Anda dengan karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti gandum, atau oatmeal.

5. White wine

Jenis minuman beralkohol yang satu ini tidak membikin tua kulit Anda, melainkan gigi dan mulut Anda. Alkohol dalam white wine akan mengeringkan mulut, mengurangi produksi air liur, dan menghilangkan warna putih alami pada gigi. Asam dalam anggur putih ini juga dapat membuat gigi Anda menjadi cepat keropos dan ompong seperti lansia.

6. Margarin

Sebuah studi tahun 2001 yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menemukan, orang yang secara teratur mengonsumsi margarin memiliki lebih banyak kerutan daripada orang jarang mengonsumsi sumber lemak tersebut. Diketahui adalah suatu jenis lemak di dalam margarin yang dapat meningkatkan peradangan sehingga kulit menjadi tampak lebih tua.

7. Makanan asin

Apa pun yang mengandung garam atau natrium dalam jumlah tinggi akan membuat kulit Anda semakin kering dan mudah keriput. Pasalnya, garam yang berlebih di dalam tubuh akan mengeluarkan lebih banyak cairan dari sel.

8. Kopi

Kafein memang bisa membangunkan Anda. Tetapi, jika mengonsumsi kopi atau kafein terlalu banyak, hal itu justru berdampak buruk pada kulit. Sebab, kafein dapat membuat kulit menjadi kering serta menimbulkan garis-garis halus. Efeknya pun akan semakin buruk bila Anda menambahkan banyak gula di dalamnya.

9. Makanan super pedas

Kulit kemerahan akibat peradangan akan menurunkan kualitas penampilan Anda. Dan sayangnya, hal itu bisa dipicu oleh makanan yang super pedas.

Karena itu sembilan makanan itu sebaiknya dihindari bila menginginkan kulit yang awet muda. Ketimbang banyak mengonsumsi makanan di atas, lebih baik perbanyak minum air putih, makan sayur dan buah, mengurangi makanan yang dibakar dan digoreng, serta mengonsumsi air kaldu tulang dan daging (mengandung banyak kolagen).

Pasalnya, makanan tersebut lebih bisa menjaga kekenyalan dan kelembutan kulit ketimbang jenis makanan di atas. Bila diimbangi dengan produk perawatan kulit kualitas baik serta istirahat yang cukup serta tidak merokok, pasti hasilnya akan jauh lebih maksimal.(RN/RVS/klikdokter/end)

Berita Terkait

Ini Makanan yang Harus Dihindari Bila Ingin Awet Muda

Mau Awet Muda? Hindari 8 Kebiasaan Ini yang Bikin Cepat Tua

Hanya ini Yang Membuat Terlihat Awet Muda

Ingin Awet Muda? Coba Konsumsi Makanan Ini
Berita Terpopuler
Golkar Ingatkan Walikota Surabaya Jangan Cari Sensasi di Tengah Pandemi Covid-19...selanjutnya
Metropolis  11 jam

19 Kampung Tangguh Covid-19 Diresmikan Bertahap di Tulungagung
Peristiwa  20 jam

Keberadaan Kandang Dinilai Ganggu Wisata Monumen Kresek
Peristiwa  18 jam

Pemprov Bantah Bantuan Mobil PCR Dari BNPB Khusus Kota Surabaya
Metropolis  9 jam



Cuplikan Berita
Gelombang Tinggi Terjang Pantai Selatan Lumajang
Pojok Pitu

Puluhan Rumah Warga Pantai Sine Terendam Banjir Rob
Pojok Pitu

Banjir Terjang 5 Kecamatan di Tengah Pandemi Covid-19
Jatim Awan

Dua Truk Pasir Terseret Lahar Dingin Semeru
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber