Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Kepergok, Tiga Pencuri Kayu Sono Keling Diringkus Polsek Dampit
Sabtu, 15-06-2019 | 13:39 wib
Oleh : Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com, Aksi pencurian kayu milik Perhutani masih ditemukan di beberapa wilayah di Kabupaten Malang, seperti yang terjadi di lahan Perhutani wilayah Dampit yang dilakukan tiga pelaku. Para pelaku diamankan saat menaikkan kayu curian yang akan dibawa menuju Blitar.

Para pelaku bernama Maulidun Anwar (22), Didik Sumariono (32) dan Darnoko (31), semuanya warga Desa Klepu, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, yang diamankan saat mencuri kayu hutan.

Para pelaku mengaku disuruh seseorang untuk mencuri dengan upah Rp 100 ribu per orang. Dengan menggunakan gergaji mesin dan kerekan rantai, mereka melakukan pencurian kayu hutan jenis sono keling sepanjang 8 meter, dan kemudian dipotong-potong menjadi beberapa bagian untuk memudahkan mengangkut di dalam bak truk.

Namun, polisi hutan yang memergoki aksi pencurian di tanah Perhutani Petak 89 A Desa Jambangan Dampit itu, segera melaporkan ke Satreskrim Polsek Dampit. Ketiga pelaku pun diringkus beserta barang buktinya.

Atas pencurian tersebut, pihak Perhutani mengalami kerugian sekitar Rp 11,7 juta dan untuk kayu yang sudah dipotong dengan ukuran 150 hingga 400 centimeter itu, kini dititipkan ke TPK Druju, Sumbermanjing Wetan.

Menurut Ipda Imam Arifin, Kanit Reskrim Polsek Dampit, para pelaku pencurian kayu hutan di lahan Perhutani Petak 89 A Desa Jambangan diringkus saat hendak menaikkan kayu ke atas truk. "Mereka mengaku hanya disuruh oleh seseorang dengan upah Rp 100 ribu per hari, dan akan dibawa kepada pemesan di wilayah Blitar," ungkapnya.

Kini, atas perbuatannya, para pelaku dikenakan pasal 82 ayat 1 huruf b-c, Undang-Undang RI nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan, dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara.(end)

Berita Terkait


Kepergok, Tiga Pencuri Kayu Sono Keling Diringkus Polsek Dampit

Diduga Terlibat Kasus Illegal Logging, Oknum Kades Diciduk Polisi

Kades Begal Diduga Terlibat Illegal Logging


Tekan Illegal Logging, Jatim Permudah Pengurusan Ijin Legalitas Kayu

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber