Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Persiapan KPU RI Jelang Sidang Perdana Sengketa Hasil Pemilu
Kamis, 13-06-2019 | 17:14 wib
Oleh : Selvy Wang, Ayul Andhim
Surabaya pojokpitu.com, Menjelang sidang perdana sengketa hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi, 14 Juni besok, KPU RI menyatakan sudah siap. Menurut Ketua KPU RI, Arief Budiman, pihaknya telah menyiapkan jawaban tertulis dan alat bukti berupa dokumen-dokumen pelaksanaan pemilu. Mengenai perlu tidaknya kehadiran saksi, pihaknya masih akan melihat dalam proses persidangan nantinya.

Jelang sidang perdana perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) yang diajukan Badan Pemenangan Nasional (BPN) dari Prabowo-Sandi, komisi Pemilihan Umum (KPU) RI , Arief Budiman menyatakan sudah siap dari segala aspek, meliputi alat bukti, jawaban tertulis serta kuasa hukum.

"Alat bukti yang disiapkan meliputi dokumen-dokumen terkait  pelaksanaan pemilu . Jawa Timur sendiri adalah salah satu provinsi yang menjadi fokus dalam sengketa hasil pemilu ini," katanya.
 
"Mengenai dibutuhkannya saksi dalam sidang ini, pihaknya masih akan melihatnya dalam proses persidangan. Jika dibutuhkan maka KPU akan menyiapkannya," tambahnya.
 
Sementara itu, siang tadi, Arief Budiman juga melantik 180 komisioner terpilih untuk 36 kabupaten/kota di Jawa Timur. Pelantikan dilakukan di salah satu hotel di kawasan Embong Malang Surabaya. Arief berpesan agar para komisioner ini mampu membangun kultur di KPU dapat bekerja secara tranpransi, integritas dan kualitas.
 
Mengenai persiapan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 mendatang, masih harus menunggu peraturan KPU tentang jadwal , tahapan dan program yang tengah disusun KPU RI, yang direncanakan selesai pada bulan Juni ini. Dari situ KPU kabupaten/kota baru bisa menyusun rencana anggaran, rencana program, hingga detail tahapannya.(end)

 


Berita Terkait


Persiapan KPU RI Jelang Sidang Perdana Sengketa Hasil Pemilu


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber