Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Pasca Ramadhan dan Lebaran, PMI Krisis Stok Darah
Kamis, 13-06-2019 | 13:29 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Pasca ramadhan dan lebaran, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Probolinggo Jawa Timur krisis stok darah, untuk darah golongan O dan B. Kedua golongan darah tersebut hanya cukup untuk tiga hari ke depan, selama ramadhan hingga lebaran ini permintaan darah mencapai 700 kantong darah.

Aktifitas donor darah di PMI Kota Probolinggo, pada Kamis (13/6) siang, terlihat ada beberapa pendonor. Namun, untuk stok darah sendiri saat ini terus menipis.

Pendonor, rata-rata mendonor darahnya untuk saudara atau tetangga yang membutuhkan darah.
Usai bulan ramadhan dan lebaran, stok darah terus menipis. Bahkan kantong-kantong darah tak lebih dari 6 kantong saja, kalaupun ada sudah milik dari pasien yang didonorkan keluarganya.

Sejauh ini, golongan darah jenis O dan B jumlahnya sangat terbatas, ketersediaan stok dua golongan darah ini hanya untuk 3 hari ke depan. Sementara untuk golongan A dan AB aman untuk seminggu ke depan.

Ifaturodiya, salah satu pendonor ini misalnya, dia tidak mengetahui jika saat ini PMI krisis darah golongan tertentu. Ibu usia 30 tahun ini rutin mendonorkan darahnya setiap 3 bulan sekali.

Sedangkan menurut Mohamad Taufik Salam, pendonor darah, dia baru mengetahui jika pmi krisis stok darah dari pesan singkat yang diterimanya. 

Idealnya, dalam  sehari PMI seharusnya mampu menyediakan darah rata-rata 12 hingga 15 kantong, untuk berbagai golongan darah.

Menipisnya stok darah tersebut salah satunya disebabkan karena banyak permintaan darah dari rumah sakit setempat, yang menangani kasus kecelakaan selama arus mudik dan arus balik lebaran, belum lagi untuk operasi.

Menurut Kepala Administrasi PMI Kota Probolinggo, Daud Widodo, selama arus mudik dan arus balik lebaran, permintaan darah dari rumah sakit di kota probolinggo dan rumah sakit di wilayah tapal kuda meningkat tajam.
 
Selama ramadhan dan lebaran ini, sebanyak 700 kantong darah ukuran 350 CC sudah tersalurkan ke yang membutuhkan. Sedangkan yang mendonorkan sebanyak 750 pendonor.

Petugas berharap, agar warga masyarakat berperan aktif dalam menyediakan darah dengan mendonorkan darahnya, khususnya untuk pasien yang sangat membutuhkan. (yos)




Berita Terkait


Pendonor Minim, Stok Darah Golongan O dan A Menipis

Pasca Ramadhan dan Lebaran, PMI Krisis Stok Darah

Pendonor Minim, Stok Darah di Pacitan Menipis

PMI Kabupaten Trenggalek Akui Stok Darah Untuk Bulan Puasa Masih Mencukupi


Ramadhan, Stok Darah PMI Ponorogo Menipis

Bulan Puasa, Stok Darah di PMI Menipis

Stok Darah Untuk Bulan Puasa Cukup Aman

PMI Kabupaten Malang Pastikan Stok Darah Cukup Saat Ramadhan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber