Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Info Lebaran 

Wisata Lebaran Ketupat Sepanjang 2 Kilometer
Kamis, 13-06-2019 | 05:05 wib
Oleh : M. Ramzi
Magetan pojokpitu.com, Lebaran ketupat menjadi sebuah tradisi mayoritas umat muslim, setelah sepekan merayakan hari raya idul fitri. Di Magetan, warga merayakannya dengan sedikit berbeda. Ada ketupat yang digantung sepanjang jalan sejauh 2 kilomter dan warga bebas mengambil atau mengkonsumsi di tempat.

Ribuan ketupat ini dipajang sepanjang jalan sejauh 2 kilometer, di Dukuh Joso Desa Turi Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan. Ini cara warga setempat, dalam merayakan lebaran ketupat dengan menyebutnya wisata lebaran ketupat.

Setiap warga yang lewat bebas mengambilnya. Baik di bawa pulang, atau dikonsumsi di tempat.panitia menyediakan aneka macam sayur dan lauk, juga minuman secara gratis.

Salah satu pengunjung wisata ketupat, Binti Ainurrohmah, mengaku senang. Selain bisa merayakan lebaran ketupat, juga bisa makan ketupat sepuasnya tanpa harus membayar.

Wisata lebaran ketupat sudah digelar dalam tiga tahun terakhir, digagas oleh pengurus cabang Nahdatul Ulama Magetan, yang dipusatkan di kampung NU, Joso Turi Panekan.

Ketua PC NU Magetan, Kyai Haji Mansur, menjelaskan, wisata lebaran ketupat, sebagai upaya untuk melestarikan adat budaya yang diwariskan oleh pemuka agama dahulu, tidak tergerus paham radikal dan bisa menumbuhkan kerukunan dan kebersamaan. (yos)




Berita Terkait


Wisata Lebaran Ketupat Sepanjang 2 Kilometer

Gebyar Ketupat Trenggalek Berlangsung Meriah

Tradisi Praonan, Berperahu ke Tengah Lautan di Hari Lebaran Ketupat

Ribuan Warga Berebut Tumpeng Ketupat Raksasa di Trenggalek


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber