Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Info Lebaran 

Gebyar Ketupat Trenggalek Berlangsung Meriah
Kamis, 13-06-2019 | 04:20 wib
Oleh : Simon, Mochammad Herlambang
Trenggalek pojokpitu.com, Gebyar ketupat merupakan tradisi turun temurun di Kabupaten Trenggalek, kegiatan tersebut menjadi ajang tahunan, tepatnya H+ 7 hari raya idul fitri. Seperti halnya yang dilaksanakan di Kelurahan Kelutan, Kecamatan Trenggalek, kegiatan ini dimeriahkan dengan pawai seni budaya keliling.

Dijelaskan Joko Irianto Sekretaris Daerah Trenggalek, kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat, dimana telah berhasil melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadan 1440 H dan puasa sunnah syawal. Selain itu tradisi ketupat ini sangat baik dan mampu meningkatkan silaturahmi serta menjaga kerukunan.

Dikatakan Joko, gebyar ketupat ini merupakan salah satu event budaya, dimana semua masyarakat menyuguhkan tampilan di acara tersebut dengan berbagai budaya yang dimiliki, mulai dari kesenian jaranan hingga tiban. Masyarakat juga nampak antusias dikarenakan tiap RT menyediakan pos untuk makan ketupat gratis.

Disisi lain kegiatan ini sangat bagus untuk menjalin kerukunan dan ketentraman. Karena seluruh masyarakat ikut ambil bagian mulai dari anak-anak, pelajar hingga dewasa. Kegiatan gebyar ketupat, selain di Kelurahan Kelutan juga diadakan di wilayah lain, namun yang cikal bakal tradisi kupatan di Desa, Kecamatan Durenan, juga digelar acara serupa.

Gebyar ketupat merupakan tradisi turun temurun dan ini perlu dipelihara, "Oleh sebab itu pemkab akan lebih memperhatikan serta mensupport bahkan akan dilakukan pembinaan agar semua bisa menjadi lebih baik kedepannya," kata Joko Irinato. (yos)




Berita Terkait


Wisata Lebaran Ketupat Sepanjang 2 Kilometer

Gebyar Ketupat Trenggalek Berlangsung Meriah

Tradisi Praonan, Berperahu ke Tengah Lautan di Hari Lebaran Ketupat

Ribuan Warga Berebut Tumpeng Ketupat Raksasa di Trenggalek


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber