Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Evakuasi dilakukan pada malam hari, untuk menghindari resiko hewan beracun tersebut mengamuk. Foto: Herpin Ranoto
Serang Warga, Sarang Tawon Ndas Dievakuasi BPBD
Kamis, 13-06-2019 | 02:20 wib
Oleh : Herpin Ranoto
Ngawi pojokpitu.com, Koloni tawon ndas atau vespa affinis, menyerang warga Kabupaten Ngawi. Untuk menghindari kejadian serupa, petugas BPBD dan para relawan, harus mengevakuasi sarang tawon ndas dari sebuah pohon mahoni.

Petugas mendatangi rumah Istamar, warga Desa Jambangan Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi, untuk mengevakuasi sarang tawon ndas atau vespa affinis. Untuk keamanan, petugas menggunakan pakaian khusus, yang dipinjam dari unit pemadam kebakaran. Mencegah amukan ratusan tawon ndas itu, petugas harus menyemburkan air dengan mesin khusus.

Tawon predator tersebut, bersarang pada  pohon mahoni, dengan ketinggian lebih 10 meter. Awalnya saat masih kecil, sarang tersebut dibiarkan oleh warga karena tidak mengganggu. Namun setelah sarangnya, berukuran hingga setengah meter dan  koloninya mencapai lebih ratusan ekor, warga sekitar mulai terganggu.

Menurut Miatun Nafiah, warga Desa Jambangan, pernah suatu saat pemilik lahan diserang sejumlah tawon saat memperbaiki pagar kebunnya. Korban mengalami hiperalergi selama tiga hari, sehingga harus menjalani perawatan ke Puskemas setempat.

Evakuasi, dilakukan pada malam hari, untuk menghindari serangan tawon. Petugas dan relawan menggunakan tangga, untuk mencapai lokasi sarang tawon ndas, di pohon mahoni. Sarang hewan beracun tersebut, diamankan dengan menggunakan karung. Petugas sempat kesulitan, karena posisi sarang tidak menggantung pada dahan, tetapi menempel pada batang pohon mahoni. 

Setelah dilakukan secara hati-hati, evakuasi tawon berjalan aman dan tidak ada petugas dan warga yang tersengat. Sarang vespa affinis, yang berhasil dievakuasi oleh petugas dan relawan, dikembalikan ke habitat alaminya dalam hutan yang jauh dari pemukiman. Hal tersebut, dilakukan untuk menjaga keseimbangan alam. (pul)





Berita Terkait


Serang Warga, Sarang Tawon Ndas Dievakuasi BPBD

BPBD Tuban Hancurkan Sarang Tawon Raksasa di Pemukiman

Resahkan Warga, Pemusnahan Sarang Tawon Sampai Panggil Anggota Pemadam Kebakaran

BPBD Musnahkan Sarang Tawon di Pemukiman Warga


BPBD Magetan Evakuasi Sarang Tawon di Rumah Warga

Naas, Petugas PMK Terjatuh Saat Evakuasi Sarang Tawon

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber