Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Penggeledahan dilakukan paska status dugaan kasus korupsi tersebut telah dinaikkan ke tingkat penyidikan. Foto Ainul
Diduga Ada Korupsi Trilyunan Rupiah, Kejati Jatim Geledah Kantor YKP Surabaya
Selasa, 11-06-2019 | 14:01 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya pojokpitu.com, Kejati Jatim Selasa (11/6) siang menerjunkan 2 tim untuk melakukan penggeledahan di kantor YKP Surabaya dan PT Yekape. Terkait dugaan kasus mega korupsi Yayasan Kas Pembangunan atau YKP Surabaya senilai trilyunan rupiah.

Menurut Didik Farkhan Alisyahdi Aspidsus Kejati Jatim, 2 tim dari Kejati Jawa Timur telah bekerja menggledah kantor Yayasan Kas Pembangunan atau YKP Kota Surabaya. Penggeledahan dilakukan secara bersamaan di 2 tempat yakni di kantor YKP Surabaya di Jalan Sedap Malam, dan Kantor PT Yekape di Jalan Kusuma Wijaya. "Penggeledahan ini dilakukan setelah status kasus dugaan korupsi dinaikkan ke tingkat penyidikan sejak hari Rabu 29 Mei lalu," kata Didik Farkhan Alisyahdi.

Penggeledahan dilakukan untuk mengumpulkan dokumen tambahan yang diperlukan untuk penyidikan. Tahapan kasus ini sudah mengarah dalam penetapan tersangka.

Sementara itu, Sumarso kuasa hukum YKP Surabaya membantah ada kasus korupsi yang menjerat YKP Surabaya. Pihaknya mempertanyakan penyidikan kembali, setelah pemeriksaan kasus dugaan korupsi ini dihentikan oleh Kejaksaan Negeri Surabaya, melalui surat yang diterbitkan pada tahun 2007 lalu. "Pihaknya menyebutkan, bahwa Kejatim Jatim juga telah mengirimkan surat pada tahun 2015 yang menyatakan bahwa kasus tersebut tidak bisa dipidanakan," Sumarso.

Dugaan kasus mega korupsi bernilai puluhan trilyun yang menjerat YKP ini merupakan kasus lama, yang beberapa kali mencuat. Bahkan pada tahun 2011, DPRD Surabaya juga sempat membentuk pansus hak angket pengembalian aset YKP, setelah yayasan tersebut berubah bentuk menjadi PT Yekape sejak tahun 1994. (pul)




Berita Terkait


Tri Rismaharini Dimintai Keterangan Terkait Korupsi YKP

Diduga Ada Korupsi Trilyunan Rupiah, Kejati Jatim Geledah Kantor YKP Surabaya


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber