Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Jelang Tradisi Kupatan, Penjual Janur Kebanjiran Berkah
Sabtu, 08-06-2019 | 06:10 wib
Oleh : Rafli Firmansyah
Kota Batu pojokpitu.com, Jelang tradisi kupatan, sejumlah penjual janur di Kota Batu, kebanjiran berkah. Hal ini dikarenakan penjualan janur meningkat drastis hingga sepuluh puluh kali lipat dibanding hari biasa.

Menjelang tradisi merayakan lebaran ketupat, seminggu setelah hari raya Idul Fitri dimanfaatkan oleh sejumlah pedagang untuk meraup berkah dengan berjualan janur di pasar tradisional Kota Batu.

Para pedagang janur dadakan ini menggelar lapak di sisi utara Pasar Kota Batu, sehingga cukup terjangkau bagi warga yang melintas di Jalan Dewi Sartika.

Selain menjual janur lembaran, para pedagang juga menjual anyaman janur atau ketupat dan daun pisang. Harga pun bervariasi, untuk per 10 lembaran janur dipatok harga Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu. Sedangkan janur ketupat, per 10 biji diberi harga Rp 8 ribu, dan untuk daun pisang sebesar Rp 5 ribu rupiah per ikat.

Salah satu penjual janur, Mistin mengatakan, hal ini tetap dijalani setiap kali jelang lebaran ketupat, karena bisa menambah penghasilan setiap hari. Mistin juga mengaku, dalam sehari ia mampu menjual 50 ikat, dengan rata - rata penghasilan Rp 500 ribu hingga Rp 700 ribu.

Sementara, janur yang diperjualbelikan oleh pedagang ini, dikirim dari sejumlah daerah, di antaranya yaitu Dampit Kabupaten Malang dan Ponorogo.(end)

Berita Terkait


Jelang Tradisi Kupatan, Penjual Janur Kebanjiran Berkah


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber